Rabu, 26 Juni 2024
BerandaHiburanKulinerRESEP : Bakso Ikan Rumahan, Rasanya Ngalahin Menu Restoran

RESEP : Bakso Ikan Rumahan, Rasanya Ngalahin Menu Restoran

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Walaupun bukan favorit dibandingkan bakso sapi, namun bakso ikan juga memiliki cita rasa yang khas dan disukai oleh banyak orang. Selain nikmat, bakso ikan juga memiliki banyak khasiat bermanfaat dari daging ikan.

Bakso ini bisa jadi pilihan yang lezat dan sehat bagi Sobat Holopis dan keluarga. Apalagi jika ingin menikmati bakso tanpa menggunakan daging sapi atau ayam. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat bakso ikan rumahan yang lezat dan bergizi.

Bahan:

  • 400 gram daging ikan fillet (misalnya ikan tenggiri atau ikan kakap)
  • 100 gram tepung tapioka atau tepung sagu
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 butir telur
  • Es batu secukupnya
  • Air dingin secukupnya

Cara membuat:

Penerbit Iklan Google Adsense
  1. Bersihkan ikan fillet dari tulang dan kulitnya. Potong-potong ikan menjadi potongan kecil untuk memudahkan proses penggilingan.
  2. Gunakan food processor atau blender untuk menggiling daging ikan hingga halus. Kamu juga dapat menggunakan alat giling daging manual. Pastikan untuk tidak menggiling terlalu halus agar tekstur bakso tetap terjaga.
  3. Campur daging ikan yang sudah digiling dengan bawang putih, daun bawang, garam, merica bubuk, dan telur. Aduk rata hingga semua bahan tercampur secara merata.
  4. Tambahkan tepung tapioka atau tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur dengan baik dan kalis. Jika dirasa adonan terlalu lembek, tambahkan sedikit tepung lagi.
  5. Setelah adonan tercampur dengan baik, masukkan beberapa es batu ke dalam adonan dan aduk hingga es batu mencair. Proses ini akan membantu adonan menjadi lebih kenyal.
  6. Ambil sedikit adonan dan bentuk bulat-bulat sesuai selera. Pastikan ukurannya seragam agar bakso matang merata.
  7. Panaskan air dalam panci hingga mendidih. Masukkan bakso satu per satu ke dalam air mendidih. Masak hingga bakso mengapung dan terlihat matang, sekitar 5-7 menit.
  8. Angkat bakso ikan dengan menggunakan sendok berlubang dan tiriskan. Sajikan bakso ikan hangat sebagai tambahan dalam sup, mie, atau dalam kuah dengan tambahan saus favorit.

Selamat menikmati!

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

RESEP : Bikin Boba Kenyal Rumahan, Minuman Jadi Makin Segar dan Bikin Nagih

Bagi Sobat Holopis yang selalu up to date dengan makanan atau minuman hits, pasti pernah menikmati boba di dalam minuman.

RESEP : Udang Goreng Tepung, Gurih Crispy Bikin Nambah Terus

Udang goreng tepung yang dimasak dengan resep yang tepat, adalah hidangan yang sangat populer karena teksturnya yang renyah dan juga gurih.

RESEP : Roti Bakar Susu Keju, Sarapan Sehat dan Nikmat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Resep kuliner kali ini ada Roti Bakar Susu Keju, yang tentunya lezat, nikmat dan menyehatkan. Seperti pada namanya, hidangan ini berbahan dasar...

Resep Sambal Belimbing Wuluh: Pedas Segar dengan Sentuhan Asam

Sambal belimbing wuluh adalah hidangan yang menggabungkan rasa pedas dengan kelezatan asam yang unik, cocok untuk menyempurnakan berbagai hidangan Indonesia.

RESEP : Gulai Ayam Nikmat, Teman Makan Nasi Putih Hangat

Gulai ayam adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang kaya rempah dan memiliki cita rasa gurih dan lezat. Meskipun nikmat dan terkesan ribet, namun cara memasaknya sama sekali tidak sulit.

RESEP : Ikan Nila Bakar, Sederhana Tapi Mamamia Lezatos

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Resep kuliner kali ini ada Ikan Nila Bakar yang tentunya lezat dan nikmat. Cocok untuk sobat Holopis yang bingung mau makan...

HOLOPIS FEEDS