Mahfud MD Ingatkan Tak Akan Masuk Surga Orang Punya Dosa dengan Sesama Manusia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pakar hukum tata negara, Mahfud MD mengingatkan bahwa tanggung jawab kepada manusia sejatinya adalah sesuatu yang berat. Sebab, dosa kepada sesama manusia hanya bisa dihapus ketika ada keikhlasan dari yang bersangkutan.

Hal inilah yang ditekankan Mahfud MD mengapa halal bihalal penting ditradisikan, sebagai upaya untuk menggugurkan dosa kepada sesama manusia tersebut.

“Maka, Halal Bihalal itu secara ritual memang acara saling minta maaf, saling memberi maaf dan meminta maaf,” kata Mahfud MD dalam tausiyahnya di acara Halal Bihalal yang digelar oleh IKA UB (Ikatan Alumni Universitas Brawijaya), Auditorium Kementerian PUPR, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (4/5) seperti dikutip Holopis.com.

Mahfud mengatakan, Halal Bihalal secara ritual memang acara untuk saling meminta maaf dan saling memberi maaf. Hal itu dilakukan manusia agar tidak ada sangkutan yang menghalangi pahala-pahala mereka ketika di akhirat nanti.

Sebab, ia mengingatkan, ada hadist yang menekankan betapa dosa-dosa kita kepada Allah SWT akan mendapat ampunan. Namun, akan sulit bagi kita mendapat ampunan jika kita meninggalkan dunia ini tapi masih memiliki dosa kepada sesama manusia.

Lantas, mantan Menko Polhukam di Kabinet Indonesia Maju tersebut menuturkan, bahwa orang-orang yang ketika meninggalkan dunia ini tidak sempat meminta maaf kepada manusia lain yang disakitinya disebut muflis. Mereka akan mendapat kesulitan karena banyak menghadapi gugatan-gugatan di akhirat kelak.

“Kata Nabi, muflis itu orang yang ketika mati mau dimasukkan surga karena puasanya baik, shalatnya baik, zakatnya baik, tapi tidak jadi karena ketika disuruh masuk surga datang orang menggugat, dia punya dosa kepada saya, lalu diambil pahalanya,” ujar Mahfud.

Mahfud turut mengingatkan, meminta maaf penting karena kita tidak boleh cuma takut kepada neraka yang ada di akhirat saja. Sebab, ia menekankan, manusia yang menyakiti manusia lain dapat pula menerima atau merasakan neraka ketika di dunia.

Koruptor, misal, setelah ke luar penjara bisa alami neraka di dunia seperti dikucilkan dalam kehidupan bermasyarakat. Maka itu, Mahfud mengajak alumni-alumni Brawijaya memanfaatkan momen Halal Bihalal untuk meminta dan memberi maaf.

“Mari sekarang, setelah bergembira, melakukan ritual sunnah, ritual yang jadi tradisi Indonesia, kita saling meminta maaf dan memberi maaf,” pungkasnya.

Indoanime

Rekomendasi :

Baca Ini Juga

4 Manfaat Konsumsi Ikan, Salah Satunya Tingkatkan Fungsi Otak

Ikan, telah lama diakui sebagai salah satu sumber protein terbaik untuk kesehatan manusia. Ikan kaya akan nutrisi penting seperti omega-3, protein, vitamin, dan mineral.

Awas Gerah, Cuaca Jakarta Hari Ini DIprediksi Cerah Seharian

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jakarta pada hari ini, Sabtu 18 Mei 2024.

4 Tips Tidur Lebih Nyenyak agar Kualitas Istirahat Meningkat

Tidur adalah kebutuhan penting bagi kesehatan kita, namun seringkali kita mengalami kesulitan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Peringati Harbuknas, Ini 4 Tips Agar Koleksi Buku Tahan Lama

Sama seperti barang koleksi lainnya, mengoleksi buku juga membutuhkan perawatan khusus agar buku-buku tersebut bertahan lama dan bisa dibaca oleh berbagai generasi.

Banjir Setinggi 150 Sentimeter Rendam Pemukiman Warga di Poso

Bencana banjir melanda Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah yang dipicu oleh hujan dengan intensitas sedang sampai dengan lebat.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029
Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H

Berita Terbaru

Terpopuler

Gosip Hari Ini Syahrul Yasin Limpo Berstatus Tersangka

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Saat ini, tim penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melakukan pengusutan terkait dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi...