BerandaPolhukamPilpresKalah Tapi Banyak Tingkah, Pengamat Sarankan PDIP Sadar Diri

Kalah Tapi Banyak Tingkah, Pengamat Sarankan PDIP Sadar Diri

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie memberikan kritikan atas sikap PDI Perjuangan (PDIP) bersama dengan Capres-Cawapesnya, yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang tidak mau menerima kekalahan dan tak menghadiri acara rapat pleno terbuka yang dijalankan oleh KPU RI.

Hal ini juga terkait dengan sikap PDIP yang sudah ditetapkan kalah dalam Pilpres 2024 karena mendapatkan suara terendah, namun masih mengupayakan gugatan ke PTUN Jakarta (Pengadilan Tata Usaha Negara) di Jakarta Timur pasca kalah dalam sengketa PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Sikap PDIP tersebut menurut Jerry justru membuat kubu yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri tersebut semakin aneh dalam konteks demokrasi di Indonesia saat ini.

“Saya pikir pernyataan Hasto sang Sekjen kian buta demokrasi dan kehilangan akal sehat. Semakin hari manusia ini kian ngawur,” kata Jerry dalam keterangannya, Rabu (24/4) seperti dikutip Holopis.com.

Penerbit Iklan Google Adsense

Justru dengan satirnya, Jerry menduga ketika kalah di PTUN Jakarta, Hasto Kristiyanto sebagai Sekjen DPP PDIP tersebut akan menggugat hasil Pilpres ke PBB (perserikatan bangsa-bangsa) di Amerika Serikat.

“Saya kira keputusan akhir ada di MK (Mahkamah Konstitusi). Atau jangan-jangan Hasto akan membawa kasus ini ke Perserikatan Bangsa-bangsa. (PBB). Saya kira pemilihan dan gugatan sudah usai jadi tak perlu lagi masuk ke PTUN. Tak ada korelasinya antara pilpres dan PTUN,” tukasnya.

Pun demikian, Jerry tetap menyarankan agar PDIP berada pada barisan oposisi dari pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang. Sebab, semua rentatan proses demokrasi kali ini, PDIP melakukan tindakan yang justru sangat berseberangan dengan semangat rekonsiliasi dan kenegarawanan.

“Memang PDIP tak rela Prabowo jadi presiden sampai amicus curiae diambil Megawati. Pikirnya akan diterima 8 hakim untuk membatalkan kemenangan Prabowo-Gibran dan diadakan pemilu ulang,” ungkap Jerry.

Dia meminta agar PDIP mengakui kemenangan Prabowo-Gibran demi berjalannya proses demokrasi yang baik.

“PDIP akui saja kekalahannya. Dalam sebuah perlombaan ada yang kalah ada yang menang. Mau sampai kemana pun tetap aja Ganjar udah keok,” tegasnya.

“PDIP ini kian tak jelas apakah MK bukan lembaga tertinggi soal sengketa pilpres. Ke PTUN apa kemenangan Prabowo dibatalkan itu hanya buang-buang waktu dan biaya saja. Gaya PDIP sudah kalah tapi terus menyalahkan,” pungkas Jerry.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.

Timnas AMIN Segera Dibubarkan, Pilpres 2024 Selesai!

Timnas AMIN akan dibubarkan secara resmi pada hari Jumat, 26 April 2024 dalam agenda Halal Bihalal di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

PDIP Ternyata Masih Ngotot Ajukan Hak Angket, Belum Ikhlas Kalah Pilpres

Ahmad Basarah menegaskan bahwa sampai dengan saat ini fraksinya terus melakukan pendalaman wacana untuk menggulirkan hak angket kecurangan Pemilu 2024 di DPR RI.

PPP Tegaskan Pilpres 2024 Selesai, Tak Mau Ikut Campur Lagi dengan PDIP

PPP menegaskan bahwa pasca putusan MK tentang sengketa PHPU yang dibacakan pada tanggal 22 April 2024 lalu menunjukkan, bahwa semua rangkaian Pilpres 2024 sudah selesai.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS