back to top

Puluhan Warga Lumajang Terdampak Banjir Lahar Dingin

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JATIM – Sejumlah warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur lakukan evakuasi mandiri ke tempat lebih aman pasca banjir lahar dingin Gunung Semeru.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, pasca banjir lahan dingin itu menyebabkan meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS) Regoyo hingga merendam permukiman warga pada Kamis (19/4).

“Luapan lahar dingin itu terjadi setelah hujan dengan itensitas sedang hingga tinggi melanda wilayah Gunung Semeru sejak sore hari,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (19/4).

Abdul mengungkapkan bahwa ada sebanyak 32 Kepala Keluarga (KK) mengungsi ke tempat lebih aman pasca bencana.

Selain itu, tiga jembatan dilaporkan rusak akibat terjangan lahar dingin ini, yaitu Jembatan penghubung Desa Gondoruso dan Desa Bades di Kecamatan Pasirian dan Jembatan di Dusun Sumberbulus Desa Oro-oro Ombo di Kecamatan Pronojiwo serta Jembatan Jurangmangu di Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko. Jalan Nasional Candipuro juga tergenang luapan lahar dingin.

Abdul menambahkan, tim gabungan langsung menuju lokasi tersebut guna melakukan assessment dan melakukan percepatan penanganan banjir lahar dingin tersebut.

Selain itu pelayanan Kesehatan sudah dilakukan oleh Dinas Kesehatan, BPBD Kabupaten Lumajang menurunkan satu unit perahu guna mempercepat proses evakuasi.

“Hingga kini tim gabungan masih berada di lokasi untuk melakukan monitoring,” imbuhnya.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029

Berita Terbaru

Ralf Rangnick Gak Mau Latih Bayern Munchen, Pengen Tetap Latih Timnas Austria!

Ralf Rangnick secara terang-terangan memutuskan untuk bertahan bersama Timnas Austria. Praktis, bekas pelatih Manchester United itu pun secara tidak langsung menolak menunggangi Bayern Munchen.

TERPOPULER

Rekomendasi :