Jokowi Resmikan Bendungan Bernilai Rp 1,4 Triliun di Sumbawa Barat

HOLOPIS.COM, NTB – Presiden Jokowi (Joko Widodo) meresmikan penggunaan Bendungan Tiu Suntuk, di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Salah satu bendungan terbesar dari tujuh bendungan yang ada di Provinsi NTB itu menurut Jokowi, bakal memberikan manfaat besar bagi masyarakat sekitar terkait permasalahan air.

Pasalnya, air merupakan kunci bagi kehidupan manusia di saat ini dan yang akan datang. Apalagi, perubahan iklim yang terjadi saat ini menjadikan air sebagai elemen yang sangat penting bagi kebutuhan manusia.

“Sekali lagi air menjadi sangat penting bagi kehidupan kita, utamanya di NTB. Baik itu untuk pertanian, baik itu juga untuk air baku, air minum kita,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (2/5).

Oleh sebab itu, Presiden menyebut bahwa pemerintah telah melakukan pembangunan tujuh bendungan di Provinsi NTB dalam 10 tahun terakhir. Presiden juga mengatakan bahwa NTB menjadi provinsi yang paling banyak memiliki bendungan.

“Pemerintah dalam 10 tahun ini telah membangun tujuh bendungan di NTB, hanya di NTB, paling banyak dan Bendungan Tiu Suntuk ini menjadi salah satu bendungan besar,” ujarnya.

Bendungan ini sendiri diketahui menyedot anggaran Rp1,4 triliun dan memiliki kapasitas hingga 60,8 juta meter kubik. Bendungan tersebut juga diyakini akan dapat memberikan sejumlah manfaat nyata bagi masyarakat sekitar.

“Manfaatnya untuk irigasi 1.900 hektare, untuk air baku 680 liter per detik, dan juga bisa mereduksi adanya banjir di sekitar Sumbawa Barat,” pungkasnya.

Indoanime

Rekomendasi :

Baca Ini Juga

Kemenag Serentak Gelar Pengukuran Arah Kiblat Ulang Tanggal 27 Mei 2024

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar pengukuran arah kiblat secara serentak pada tanggal 27 Mei 2024 mendatang. Kegiatan itu digelar dengan memanfaatkan peristiwa "rahshdul qiblah" atau momentum saat matahari melintas tepat di atas Kakbah.

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek, Jumat 17 Mei 

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi.

BMKG Ramal Cuaca Jakarta Bakal Cerah Berawan Seharian

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jakarta pada hari ini, Jumat 17 Mei 2024.

Lokasi SIM Keliling di Jakarta, Jumat 17 Mei

Jadwal dan lokasi layanan SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 17 Mei 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Grace Natalie Jadi Stafsus Presiden Jokowi

Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie mendapatkan jatah baru sebagai Staf Khusus Presiden Joko Widodo.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029
Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H

Berita Terbaru

Terpopuler

Gosip Hari Ini Syahrul Yasin Limpo Berstatus Tersangka

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Saat ini, tim penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melakukan pengusutan terkait dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi...