Kasus DBD di Indonesia Meningkat, Ini Cara Lindungi Diri dari Nyamuk Aedes Aegypti

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kasus demam berdarah atau DBD di Indonesia belakangan ini semakin mengkhawatirkan. Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia mengatakan bahwa jumlah kasus di Indonesia hingga Maret 2024 ini sudah naik hampir 3 kali lipat.

“Update minggu ke-12 tahun 2024 jumlah kasus mencapai 43.271 dan kematian 343 jiwa,” demikian disampaikan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kemenkes Imran Pambudi, dikutip Holopis.com, Senin (1/4).

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pihaknya akan memfasilitasi permintaan larvasida hingga insektisida untuk penanggulangan dengue.

Untuk melindungi diri dari bahaya nyamuk demam berdarah, ini 4 tips yang bisa Sobat Holopis lakukan di rumah atau ditempat-tempat Sobat Holopis beraktivitas.

1. Gunakan Repelan Nyamuk

Gunakan repelan nyamuk yang mengandung DEET, IR3535, atau pikaridin saat berada di luar ruangan, terutama saat cuaca hangat atau di daerah dengan tingkat infestasi nyamuk yang tinggi.

2. Kenakan Pakaian Pelindung

Kenakan pakaian yang menutupi sebanyak mungkin bagian tubuh, terutama saat beraktivitas di luar pada waktu yang rentan terhadap gigitan nyamuk, seperti pagi dan senja. Gunakan pakaian berwarna terang karena nyamuk Aedes cenderung tertarik pada warna gelap.

3. Perbaiki Jendela dan Pintu

Pastikan jendela dan pintu rumah kamu tertutup rapat atau dilengkapi dengan kawat kasa untuk mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah. Selain itu, perbaiki juga layar jendela yang rusak atau sobek yang dapat menjadi pintu masuk bagi nyamuk.

4. Hapus Tempat Perindukan Nyamuk

Hapus atau kurangi tempat-tempat di sekitar rumah yang dapat menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk, seperti genangan air di tempat penampungan air, pot bunga yang berisi air, dan wadah-wadah bekas yang dapat menampung air hujan.

Pastikan untuk menguras dan membersihkan bak mandi burung, kolam renang, atau bak penampungan air lainnya secara teratur.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Satpol PP Sosialisasikan Kembali Perda Pengendalian DBD

Satpol PP DKI Jakarta melakukan kebijakan denda bagi warga yang rumahnya kedapatan jentik nyamuk. Denda ini didasari dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2007 tentang Pengendalian Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Ciri-ciri Gejala Demam Berdarah yang Harus Diwaspadai

Saat ini, kasus DBD di DKI Jakarta cukup mengkhawatirkan, sehingga gejala yang bisa mengarah kepada demam berdarah perlu diperhatikan agar dapat terhindari dari kondisi terburuk.

Waduh, Kasus DBD di Jakarta Sudah Sampai Angka 7.142 Pasien

Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jakarta tampaknya semakin mengkhawatirkan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarat telah mencatat perkembangan jumlah kasus DBD di ibukota.

Angka Kematian DBD Meningkat, Menkes Budi Gunadi Salahkan El Nino

Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa fenomena El Nino menjadi salah satu faktor peningkatan angka kasus DBD (Demam Berdarah Dengue) hingga memicu banyak orang meninggal dunia.

Kasus DBD di Jepara Meningkat, 2 Warga Meninggal Dunia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Jumlah kasus penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jepara, Jawa Tengah, terus mengalami peningkatan sejak memasuki musim hujan pada tiga bulan...
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Piala Presiden 2024 : Persija dan Madura United Kompak Kena Bantai

Laga pamungkas Grup B Piala Presiden 2024 telah rampung seluruhnya, pada Jumat (26/7) sore hingga malam WIB. Diawali oleh Arema FC vs Madura United dan dilanjutkan Bali United vs Persija.