KPU RI : Ini Pilpres Pertama yang Perhitungannya Live Streaming

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) akhirnya terlah resmi merampungkan proses rekapitulasi suara hasil Pemilihan Presiden 2024 pada hari Rabu (20/3) malam.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengumumkan bahwa Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai paslon nomor urut 02 sebagai pemenang Pilpres 2024 dengan perolehan suara terbanyak secara nasional.

Dalam kalimat penutupnya dengan suaran bergetar karena haru, Hasyim mengatakan bahwa pilpres tahun 2024 telah mengukir sejarah, karena untuk pertama kalinya perhitungan suara dilakukan secara live streaming. Cara itu pun sangat terbuka dan bisa ditonton oleh masyarakat di manapun.

“Ini mungkin akan jadi catatan sejarah sepanjang Pemilu yang pernah kita laksanakan. Baru pada tahun 2024 ini rekapitulasi di tingkat kabupaten kota, di tingkat provinsi dan tingkat pusat disiarkan live streaming bisa semuanya bisa menyaksikan,” kata Hasyim, dikutip Holopis.com.

Hasyim juga mengatakan pada tahun ini, masyarakat telah aktif mendokumentasikan proses perhitungan dengan berbagai cara.

“Kita juga sama-sama memperhatikan warga kita memilih. Rakyat kita aktif mendokumentasikan apakah itu dengan mencatat, apa itu dengan mem-foto, apa itu dengan mem-videokan dengan berbagai platform media sosial dan jumlah di mana-mana,” ujarnya.

Ia menilai bahwa ini adalah usaha luar biasa dari raykat untuk menjaga keaslian pilihan rakyat Indonesia. Berdasarkan hasil rekapitulasi, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul di Pilpres 2024, dengan meraih 96.303.691 suara.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru