BerandaIslampadRamadanDompet Dhuafa Dorong Masyarakat Berzakat, Upaya Peningkatan UMKM

Dompet Dhuafa Dorong Masyarakat Berzakat, Upaya Peningkatan UMKM

Lainnya :

HOLOPIS.COM, YOGYAKARTA – Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Yogyakarta, Muhammad Zahron mengatakan bahwa pihaknya tengah menggalakkan roda kebaikan sepanjang bulan suci Ramadan 1445 H.

Apalagi menurutnya, Ramadan bisa menjadi momentum bagi masyarakat untuk terus berbuat kebaikan, terlepas dari panasnya ajang pemilu.

“Sehingga Ramadan tahun ini diharapkan menjadi penyambung dan merekatkan antar individu,” kata Zahron dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (19/3).

Dalam menunjang itu, Zahron menyampaikan bahwa beragam kegiatan dan ajang kebaikan seperti berzakat, infak, sedekah maupun wakaf menjadi dorongan tersendiri di masyarakat. Dampak dari meningkatnya ajang kebaikan adalah menelurkan program-program pemberdayaan di masyarakat dengan ekonomi bawah.

“Alhamdulillah dengan meningkatnya semangat masyarakat untuk berzakat, infak, sedekah dan wakaf, hal ini menjadi komitmen kami bersama dalam menjaga amanah, kepercayaan hingga tanggung jawab dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ragam program,” ujarnya.

Salah satu yang berhasil dibidik adalah pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dikelola oleh pengusaha lokal. Sebut saja Mie Ayam dan Bakso CJDW (Seje Dewe alias beda sendiri).

“Salah satunya program pemberdayaan UMKM yaitu warung dorong, angkringan hingga mie ayam bakso CJDW,” terang Zahron.

Testimoni Penerima Manfaat

Dompet Dhuafa Yogyakarta menelurkan program Warung Beres (Bersih, Enak, Sehat). Ini merupakan program pemberdaayaan ekonomi UMKM yang bertujuan untuk mengubah warung angkringan menjadi bersih, memenuhi standar kesehatan, dan makanan yang dijajakan lebih enak. Harapannya para calon pembeli akan lebih memilih warung para peserta program sehingga pendapatannya meningkat.

Capaian yang telah dihasilkan dari dampingan Dompet Dhuafa Yogyakarta adalah terbentuknya paguyuban angkringan warung beres, dan warung angkringan tersertifikasi halal.

Lantas ia pun membagikan testimoni dari ibu Sulastri, sang pemilik warung dorong dengan nama Elsana (Eling, Sabar dan Narimo). Saat ditemui ketika keliling di wilayah Wirobrajan, mengungkapkan bahwa dirinya sangat bersyukur atas apa yang dilakukan Dompet Dhuafa kepada dirinya.

“Saya sangat bersyukur dengan adanya dampingan dari Dompet Dhuafa Yogyakarta, berkat ini saya bisa jualan seperti sekarang,” kata Ibu Sulastri.

Sebelum berjualan dengan gerobak Elsana tersebut, Ibu Sulastri biasa berdagang makanan, tidak terkonsep dan lebih kepada ala kadarnya saja. Namun dengan pendampingan dari Dompet Dhuafa Yogyakarta tersebut, dirinya lebih merasa memiliki kemajuan.

“Dulu saya hanya jualan makanan ala kadarnya. Sekarang jajanan yang saya jual jadi lebih banyak. Gerobak dorong saya menjadi lebih menarik. Alhamdulillah dengan ini saya bisa membantu perekonomian keluarga. Terimakasih Dompet Dhuafa,” pungkasnya.

Salah satu penerima manfaat pendampingan program Warung Beres tersebut adalah Pak Gitu, seorang pengelola Mie Ayam Bakso CJDW. Ia mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang dengan program pendampingan UMKM yang dijalankan oleh Dompet Dhuafa.

“Saya sangat beruntung dengan adanya pendampingan dari Dompet Dhuafa Yogyakarta, kini saya tahu bagaimana caranya manajemen keuangan dari penghasilan, cara mengolah makanan, dan menyajikannya secara higienis serta bagaimana cara memilih bahan bahan untuk pembuatan mie ayam serta bakso,” kata Pak Gito.

Dengan program pendampingan dari Dompet Dhuafa melalui program Warung Beres tersebut, kini omzetnya lebih meningkat.

“Di sisi lain, saya mendapatkan relasi yang lebih luas. Alhamdulillah pendapatan dari penjualan mie ayam dan bakso semakin meningkat, dan dengan penjualan ini saya bisa mencukupi kebutuhan keluarga terutama biaya sekolah anak saya, teri makasih Dompet Dhuafa,” pungkasnya.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Cuaca Jakarta Berpotensi Hujan Hari Ini, Cek Ramalannya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika telah merilis prakiraan cuaca Jakarta pada hari ini, Minggu 21 April 2024.

TERPOPULER

Lirik dan Terjemahan Lagu Until the End – Avenged Sevenfold

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Lagu berjudul Until the End merupakan salah satu lantunan hits milik band rock ternama Amerika Serikat, Avenged Sevenfold. Lagu Until the End...

Rekomendasi :