BerandaPolhukamPilegSurvei SPIN : Partai Gelora dan PSI Penuhi Ambang Batas Parlemen

Survei SPIN : Partai Gelora dan PSI Penuhi Ambang Batas Parlemen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur eksekutif Survey and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara menyampaikan bahwa berdasarkan data survei yang dilakukan lembaganya, ditemukan bahwa dua partai non Senayan akhirnya bisa berpeluang tembus masuk ke Senayan dalam Pemilu 2024.

Kedua partai tersebut adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora).

“Elektabilitas PSI dan Gelora telah memenuhi ambang batas parlemen dan akan lolos ke parlemen pusat,” kata Igor dalam rilis surveinya, Jumat (9/2) seperti dikutip Holopis.com.

Di mana PSI mendapatkan 4,2% suara pemilih, sementara Partai Gelora 4,1%. Angka ini merupakan peningkatan dari data survei sebelumnya, yakni periode 28 – 31 Januari 2024. Di mana saat itu, PSI berada 4% sementara Gelora masih di 3,6%.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dengan masuknya PSI dan Gelora dalam persentase parliamentary threshold 4%, maka prediksi Igor, akan ada 10 partai yang lolos masuk ke Senayan dalam Pemilu 2024. Mereka antara lain ;

1. Partai Gerindra : 22% ;
2. PDI Perjuangan : 19,2% ;
3. Partai Golkar : 10,2% ;
4. PKB : 8% ;
5. Partai NasDem : 6,1% ;
6. PKS : 5,9% ;
7. Partai Demokrat : 5% ;
8. PAN : 4,4% ;
9. PSI : 4,2% ; dan
10. Partai Gelora : 4,1%.

Sementara itu, ada 8 (delapan) partai yang tampaknya belum bisa mendapatkan tiket untuk masuk ke Senayan. Mereka antara lain ;

1. PPP : 3% ;
2. PBB : 2,1% ;
3. Partai Perindo : 1,5% ;
4. Partai Ummat : 0,1% ;
5. Partai Hanura : 0,1% ;
6. Partai Garuda : 0,1% ;
7. Partai Buruh : 0,1% ; dan
8. Partai Kebangkitan Nasional : 0,1%.

“Dari hasil survei ini diprediksi partai yang akan lolos ke parlemen pusat akan bertambah menjadi 10 partai politik,” tuturnya.

Sekadar diketahui, bahwa survei tersebut dilakukan dalam rentang waktu 5 – 8 Februari 2024 dengan menggunakan metode random digit dialing dan menggunakan bantuan kuesioner yang dilakukan oleh surveyor terlatih.

Dalam pengambilan sample, SPIN melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Hasilnya, margin of error (MoE) kurang lebih 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

PPP Tak Lolos Parlemen, Mardiono Janji Tanggung Jawab Penuh

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono menegaskan akan bertanggung jawab atas ditolaknya gugatan yang diajukan PPP terkait sengketa Pemilu 2024 oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Mardiono Kecewa PPP Tak Lolos Parlemen

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono mengungkapkan kekecewaannya atas keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan PHPU Pileg yang diajukan oleh pihaknya.

Demokrat Sarankan Arsul Sani Pikir Ulang Ikut Sidangkan Sengketa PHPU Pileg

Benny Kabur Harman menyarankan agar Arsul Sani berpikir ulang untuk ikut terlibat di dalam persidangan sengketa hasil Pileg 2024.

Demokrat Terima Hasil Pileg Walau Kehilangan 10 Kursi

Benny Kabur Harman menyampaikan bahwa pihaknya sudah sangat legowo dan menerima hasil pemilu, termasuk Pileg 2024 yang ternyata membuat mereka kehilangan 10 kursi di Senayan.

Ade Armando Legowo PSI Gagal Duduk di Senayan

Ade Armando menyampaikan bahwa pihaknya sudah sangat legowo dengan hasil perolehan suara partainya untuk DPR RI.

Arteria Dahlan Minta Pihak yang Kalah Pemilu Sadar Diri

Arteria Dahlan mengungkapkan salah satu kiat yang dilakukan dirinya dalam menerima kondisi bahwa dirinya gagal untuk kembali menjabat di DPR RI.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS