Kirim File Cuma Modal Link di Google Drive, Begini Caranya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berbagi file foto maupun video dengan durasi panjang dari jarak jauh bukan menjadi hal yang susah di era digital seperti sekarang ini.

Dengan bantuan google drive, berkirim file dengan ukuran yang besar bisa dilakukan hanya dengan mengirimkan sebuah link. Lewat metode ini, pengguna tak hanya bisa berkirim, tetapi juga bisa menerima file dari orang lain.

Adapun untuk berkirim file dengan menggunakan link google drive ini, Sobat tidak membutuhkan perangkat desktop. Cukup bermodal smartphone pun sudah bisa menggunakan cara berkirim file. Berikut panduannya;

1. Untuk langkah pertama, pastikan Sobat telah menginstal aplikasi Google Drive di PlayStore bagi pengguna Android, dan AppStore untuk pengguna iPhone.

2. Buka aplikasi Google Drive yang telah terdownload, lalu buat folder di Google drive dengan menekan tombol plus atau baru yang biasanya berada di bagian kiri bawah halaman Google Drive.

3. Sobat juga bisa langsung mengupload file yang hendak dikirim ke halaman muka Google Drive masing-masing. Namun disarankan untuk membuat folder terlebih dahulu agar lebih provasi.

4. Beri nama folder yang dibuat sesuai dengan keinginan masing-masing, lalu klik ‘buat’.

5. Setelah folder jadi, buka folder tersebut dan tambahkan file yang akan dikirim ke dalam folder kosong itu. Namun bagi Sobat yang ingin menerima file, langsung saja ke langkah berikutnya.

6. Setelah berada di dalam folder, tekan tombol titik tiga yang berada di pojok kanan atas, sebelah tombol pencarian. Lalu, pilih ‘kelola akses’.

7. Di sana, Sobat akan menemukan pilihan akses umum, dimana tertulis ‘Hanya orang yang ditambahkan yang dapat membuka dengan link ini’.

8. Klik tombol ubah yang berada di bawahnya, lalu ubah yang dibatasi menjadi ‘Siapa saja yang memiliki link’.

9. Setelahnya, Sobat akan melihat menu baru ‘pelihat’, yang di dalamnya terdapat pilihan pelihat, pengomentar, dan editor.

10. Pilih editor bila Sobat ingin orang lain dapat merubah isi dari folder yang Sobat bagikan, termasuk jika orang lain ingin mengupload file di folder tersebut.

11. Jika sudah, Sobat Holopis tinggal menyalin link dan membagikannya kepada orang lain yang hendak berkirim file dengan Sobat.

Demikian panduan berkirim file dengan menggunakan link google drive, cukup mudah bukan?

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0
quick count

BERITA TERBARU

TERPOPULER