BerandaNewsEkobizRidwan Kamil soal Heboh Bayar Kuliah di ITB Bisa Pakai Pinjol :...

Ridwan Kamil soal Heboh Bayar Kuliah di ITB Bisa Pakai Pinjol : Niatnya Baik, Tapi…

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil turut menanggapi polemik opsi pembiayaan uang kuliah tunggal (UKT) di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan skema pinjaman online (pinjol).

Dia menilai, opsi pembiayaan yang diberikan oleh perusahaan pinjol Danacita kepada mahasiswa ITB cukup baik, mengingat tidak semua mahasiswa di ITB memiliki kemampuan keuangan untuk membayar UKT.

“Niatnya baik karena tidak semua mahasiswa punya kemampuan keuangan, harus disubsidi. Itu realitanya tidak semua bisa membayar,” kata Ridwan Kamil dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (31/1).

Pria yang kerap disapa Kang Emil ini pun mengatakan, sudah selayaknya pihak kampus memiliki kebijakan untuk membantu mahasiswa yang kesulitan membayar UKT, salah satunya yakni dalam bentuk pinjaman seperti yang dilakukan ITB.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Sistem subsidi menolong mahasiswa dalam bentuk pinjaman. Saya kira, kita lihat konteks kekinian saja karena pinjaman hari ini digital ya,” katanya.

Namun ia menekankan, bahwa dalam hal pembiayaan pendidikan ini, negara juga harus hadir. Dia pun menyarankan pemerintah untuk memberikan opsi pembiayaan berupa pinjaman tanpa bunga.

“Tapi yang penting jangan memberatkan. Negara harus hadir dalam bentuk minjem gak ada bunganya. Saya kira itu paling bagus,” katanya.

“Investasi pendidikan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya kepada generasi muda,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner (DK) OJK Mahendra Siregar telah angkat bicara terkait polemik tersebut. Ia mengatakan, bahwa skema pembiayaan uang kuliah di ITB tersebut telah sesuai dengan mekanisme yang ada.

Dia berujar, bahwa terdapat program kerja sama antara ITB dengan PT Inclusive Finance Group (Danacita) selaku perusahaan penyedia jasa pembiayaan terkait hal tersebut. Pun dengan Danacita sendiri, kata dia, telah mengantongi izin sah dari pihaknya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS