Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizAda Insentif, Airlangga Sebut Pajak Hiburan Bisa Lebih Rendah dari 40-70 Persen

Ada Insentif, Airlangga Sebut Pajak Hiburan Bisa Lebih Rendah dari 40-70 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bahwa pemerintah akan segera menerbitkan surat edaran soal skema pemberian insentif pajak hiburan khusus yang kini ditetapkan sebesar 40-75 persen.

Dia menyebut, bahwa skema insentif tersebut memungkinkan pemerintah daerah untuk menerapkan besaran tarif pajak yang lebih rendah terkait jasa hiburan khusus.

“Dapat kami sampaikan bahwa (pemerintah) daerah bisa memberlakukan pajak lebih rendah dari 40 atau 70 persen sesuai dengan daerah masing-masing,” kata Airlangga dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (19/1). .

Sebagaimana diketahui, penetapan besaran tarif pajak hiburan khusus yang sebelumnya sempat diprotes kalangan pengusaha tertuang dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (UU HKPD).

Dalam baleid itu, disebutkan bahwa pajak hiburan khusus ditujukan pada industri hiburan diskotek, karaoke, kelab malam, bar, dan mandi uap/spa, dimana tarifnya berkisar antara 40 hingga 75 persen.

Airlangga menjelaskan, bahwa tarif pajak hiburan bisa diterapkan lebih rendah karena dalam pasal-pasal di UU HKPD tersebut memberikan ruang bagi pemerintah daerah untuk melakukan penyesuaian, seperti pemberian insentif fiskal.

Sebagaimana dalam Pasal 101 UU HKPD, disebutkan bahwa insentif fiskal tersebut dapat berupa pengurangan, keringanan dan pembebasan atau penghapusan pokok pajak, pokok retribusi.

Kemudian pada Pasal 6 UU HPKD juga mengatur bahwa pemerintah daerah dilarang memungut jenis pajak jika potensi hiburan di daerah tersebut kurang memadai.

Ketentuan soal besaran tarif pajak hiburan khusus di bawah batas minimum yang ditetapkan sebesar 40 persen itu akan dirinci dalam surat edaran yang akan segera dikeluarkan pemerintah.

“Insentif yang diberikan tentu terkait dengan sektor terkait, nanti akan dirinci,” tukas Airlangga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.