BerandaNewsEkobizAirlangga Kasih Bocoran Penyaluran BLT El-Nino 2024

Airlangga Kasih Bocoran Penyaluran BLT El-Nino 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan pemerintah melanjutkan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) El Nino hingga Juni 2024.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri langsung kegiatan penyaluran bantuan pangan di Kelurahan Serangan, Denpasar, Bali, pada Sabtu (13/1) kemarin.

Airlangga mengatakan, rencana untuk melanjutkan salah satu bantuan sosial (bansos) tersebut pun telah mengantongi persetujuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun saat ini, kata dia, pemerintah tengah menyiapkan aturan teknis dari rencana tersebut.

“Alhamdulillah Bapak Presiden setuju untuk dilanjutkan sampai bulan Juni 2024. Teknisnya sedang kami bahas lagi,” katanya sebagaimana dikutip Holopis.com dari keterangan resminya, Minggu (14/1).

Penerbit Iklan Google Adsense

Selain BLT El Nino, pemerintah juga akan melanjutkan kembali penyaluran bansos pangan berupa beras yang menjadi salah satu bantalan bagi masyarakat rentan terhadap kenaikan harga pangan yang terjadi saat ini.

“Bantuan pangan ini menjadi program pemerintah untuk meringankan beban masyarakat, terutama akibat kenaikan harga pangan yang terjadi karena El Nino, keterlambatan dari musim panen karena musim kemarin kekeringan,” kata Airlangga.

Selain membantu meringankan beban masyarakat, bansos pangan ini juga diharapkan dapat memitigasi kenaikan tingkat kemiskinan di Tanah Air.

Dia juga mengklaim, penyaluran bansos pangan turut berkontribusi dalam menekan kenaikan harga beras di masyarakat. Hal itu ercermin dari inflasi beras yang turun, dari 5,61% pada September 2023 menjadi 0,48% pada Desember 2023.

Sementara itu, alokasi bantuan pangan beras secara nasional pada 2024 akan disalurkan kepada sebanyak 22 juta penerima bantuan pangan (PBP), dimana masing-masing dari mereka akan menerima 10 kilogram (kg) beras per bulan.

“Tadi masyarakat juga sudah menyampaikan aspirasinya, terutama terkait keberlanjutan pemberian bantuan ini, dan akan saya sampaikan kepada Bapak Presiden,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS