Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mahfud MD Sebut Perbuatan Hukum Indonesia di Jamannya Compang-Camping

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD menuding penegakan hukum di Indonesia saat ini sudah terlalu cacat.

Dengan posisinya masih sebagai Menko Polhukam RI, Mahfud MD bahkan menyebut hukum di Indonesia sudah dalam kondisi compang-camping.

“Saudara, hukum itu di Indonesia ini itu tidak bisa disembunyikan. Memang hukum kita itu compang-camping. Pembuatannya compang-camping, pelaksanaannya compang-camping,” kata Mahfud dalam salah satu kegiatan kampanyenya di Makasar seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (13/1).

Kondisi tersebut terlihat salah satunya dari kegiatan pengurusan ijin usaha yang sengaja dipersulit dan menjadi ladang korupsi bagi segelintir pejabat.

“Itu di Indonesia hukum enggak ada kepastian, penegakannya nggak jelas, orang minta izin usaha dikasih IUP. Belum digarap sudah diterbitkan IUP lain ke orang lain, atau ditunda-tunda, lalu dikorupsi lagi,” klaimnya.

Mahfud kemudian menyebut kondisi seperti itulah yang menjadi penyebab indeks persepsi korupsi di Indonesia menjadi semakin menurun.

“Maka di Indonesia itu indeks persepsi korupsinya itu paling, nah sekarang turun drastis dan kemudian akibatnya apa? Akibatnya angka kemiskinan kita masih sekitar 9,7 persen,” ucapnya.

Selain itu, Mahfud yang pernah menjabat sebagai hakim konstitusi itu juga menyalahkan birokrasi di Indonesia termasuk DPR yang terkadang mengalami conflict of interest.

“DPR juga sama, menjadi semacam penghubung untuk mendapat proyek. Disampaikan ke Menteri ini, harus begini, di situ banyak korupsi,” klaimnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru