HOLOPIS.COM, JAKARTA – Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto mengingatkan capres nomor urut 1 Anies Baswedan perihal kepemimpinan yang baik. Hal itu disampaikan Prabowo dalam debat kedua capres 2024.

Menurut Prabowo, seorang pemimpin yang baik tidak hanya sekadar bermodal omongan saja alias omdo atau omong doang. Tetapi juga perlu memiliki prinsip Ing ngarso Sung Tulodo.

Yang artinya, menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi orang-orang di sekitarnya

“Jadi tidak hanya omong, omong, omong. Kerjanya omong saja. Tidak bisa ing ngarso sung tulodo,” tutur Prabowo seperti dikutip Holopis.com, Minggu (7/1).

Prabowo pun menambahkan, bahwa dalam memimpin suatu negara bukan sekadar soal bercerita, dimana hal itu hanyalah omongan saja. Tetapi menurutnya, menjadi seorang pemimpin negara harus memiliki agenda tersendiri untuk membangun dan memajukan negara.

Dia pun menilai hari ini Indonesia dihormati di kancah internasional karena mereka melihat, Indonesia berhasil membangun ekonominya dengan sangat baik, di ketidakpastian yang ada.

“Kenapa negara-negara selatan melihat ke Indonesia, karena kita berhasil membagnun ekonomi kita. Jadi tidak hanya omong omong omong kerjanya omong saja, tidak bisa,” tegasnya.

Adapun dalam sesi debat sebelumnya, Prabowo juga sempat menyindir Anies yang asal bicara tanpa dilandasi dengan data yang benar.

“Mungkin ada yang asal bicara tanpa data ya kan mungkin didorong oleh ambisi yang menggebu-gebu sehingga tidak objektif saudara-saudara sekalian,” kata Prabowo dalam sesi debat sebelumnya.

Sindiran itu pun kemudian diklarifikasi oleh Anies. Namun menurut Prabowo, data yang disampaikan Anies sebagai perbaikan akan data sebelumnya masih tetap salah.