HOLOPIS.COM, JAWA TENGAH –Ganjar Pranowo menggemborkan janji politiknya di hadapan masyarakat di Wonogiri, Jawa Tengah. Janji tersebut adalah program SMK gratis dan jaminan langsung diterima kerja setelah lulus.

“Di hadapan saudara-saudara saya warga Wonogiri, saya meluncurkan salah satu program unggulan yaitu SMK Gratis Lulus Langsung Kerja,” kata Ganjar dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (29/12).

Bekas Gubernur Jawa Tengah itu pun mengatakan, bahwa program tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas generasi muda Indonesia untuk bisa mengakses pendidikan bagi keluarga tidak mampu.

“Ini adalah sekolah khusus untuk siswa dari keluarga tidak mampu yang memakai model asrama. Maka semua biaya keperluan hidup dan biaya keperluan belajar siswa akan ditanggung negara,” jelasnya.

Kemudian, Ganjar juga menyatakan program ini akan direalisasikannya di seluruh kabupaten kota di Indonesia.

“SMK Asrama ini akan kita bangun di seluruh kabupaten kota di Indonesia,” ujarnya.

Untuk operasional operasional SMK Asrama tersebut, Ganjar menyatakan bahwa pemerintah akan menggandeng mitra kerja dari pihak swasta dalam rangka transfer knowledge.

“Sekolah ini juga akan menjalin kerja sama dengan perusahaan dari dalam maupun luar negeri. Agar terjadi transfer teknologi sekaligus ketika siswa lulus bisa langsung bekerja di sana,” pungkasnya.