BerandaPolhukamPilpresSurvei IPO : Prabowo Paling Diminati Pemilih Gen Z dan Milenial

Survei IPO : Prabowo Paling Diminati Pemilih Gen Z dan Milenial

Dari 1.400 responden yang kami wawancarai, 19 persen adalah generasi Z, dan 33 persen milenial. Hasilnya 31,4 persen responden memilih Prabowo Subianto, 29,5 persen memilih Ganjar Pranowo, dan 21,7 persen memilih Anies Baswedan.

HOLOPIS.COM, JAKARTA — Elektabilitas Prabowo Subianto masih menempati posisi puncak dibandingkan dua calon presiden lainnya pada Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan maupun Ganjar Pranowo.

Dari hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) periode 10 – 17 November 2023, pada simulasi tiga nama capres, elektabilitas Prabowo Subianto meraih poin 37,5 persen, Anies Baswedan 32,7 persen, Ganjar Pranowo 28,3 persen.

“Hasil tersebut berdasarkan jawaban responden saat diajukan pertanyaan pada saat wawancara tatap muka : Jika hari ini dilaksanakan Pemilihan Presiden, dari nama kandidat ini siapakah yang Bapak/Ibu akan pilih?,” kata Dedi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (20/11).

Selain itu, pada simulasi top of mind (skema tanpa lembar jawab) artinya responden diminta menjawab langsung pertanyaan serupa tanpa terlebih dahulu disebutkan nama capresnya, Prabowo Subianto pun tetap menjadi pilihan responden. Ketua Umum Partai Gerindra tersebut meraih poin sebesar 31,5 persen, Anies Rasyid Baswedan 26,4 persen, Ganjar Pranowo 22,1 persen, dan Erick Tohir 1,4 persen. Sisanya ada 12 nama lainnya dengan poin 0,7 sampai 0,1 persen.

Penerbit Iklan Google Adsense

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah mengatakan, berdasarkan kelompok umur pemilih, Prabowo pun menjadi sosok yang paling dipilih oleh pemilih pemula (Generasi Z) dan milenial.

“Dari 1.400 responden yang kami wawancarai, 19 persen adalah generasi Z, dan 33 persen milenial. Hasilnya 31,4 persen responden memilih Prabowo Subianto, 29,5 persen memilih Ganjar Pranowo, dan 21,7 persen memilih Anies Baswedan, sementara 11,6 persen belum menentukan pilihan,” ujarnya.

Dedi menambahkan, tingginya tingkat elektabilitas Prabowo di kalangan pemilih pemula dan milenial linier dengan pilihan terhadap partai politiknya. Yang mana pada kategori kelompok usia pemilih pemula dan milenial, Partai Gerinda berada di posisi teratas dengan poin 217 persen, disusul Partai Golkar 12,5 persen, Partai Amanat Nasional 11,6 persen, Partai Kebangkitan Bangsa 9,2 persen, PDI Perjuangan 7,8 persen, Partai NasDem 6,6 persen, Partai Keadilan Sejahtera 4,8 persen, Partai Demokrat 2,5 persen, Partai Perindo 1,1 persen, Partai Solidaritas Indonesia 1 persen, Partai Persatuan Pembangunan 0,4 persen.

Survei IPO
Preferensi politik gen Z dan milenial berdasarkan survei IPO.

Untuk diketahui, survei skala nasional tersebut berlangsung pada 10 – 17 November 2023 dengan jumlah responden 1.400 orang dengan metode wawancara tatap muka dengan tingkat kesalahan (margin of error/MoE) 2,5 persen, tingkat akurasi data 95 persen.

Setting pengambilan sample menggunakan teknik multistage random sampling (MRS), atau pengambilan sample bertingkat.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.

Timnas AMIN Segera Dibubarkan, Pilpres 2024 Selesai!

Timnas AMIN akan dibubarkan secara resmi pada hari Jumat, 26 April 2024 dalam agenda Halal Bihalal di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

PDIP Ternyata Masih Ngotot Ajukan Hak Angket, Belum Ikhlas Kalah Pilpres

Ahmad Basarah menegaskan bahwa sampai dengan saat ini fraksinya terus melakukan pendalaman wacana untuk menggulirkan hak angket kecurangan Pemilu 2024 di DPR RI.

PPP Tegaskan Pilpres 2024 Selesai, Tak Mau Ikut Campur Lagi dengan PDIP

PPP menegaskan bahwa pasca putusan MK tentang sengketa PHPU yang dibacakan pada tanggal 22 April 2024 lalu menunjukkan, bahwa semua rangkaian Pilpres 2024 sudah selesai.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS