HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gibran Rakabuming Raka resmi maju menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

Sejak dilantik menjadi Wali Kota Solo pada 26 Februari 2021, Gibran telah mengubah kondisi kota Solo, Jawa Tengah. Berikut ini ulasan prestasi Gibran selama menjabat sebagai Wali Kota Solo yang telah dirangkum Holopis.com.

1. Revitalisasi Pura Mangkunegaran

Screenshot 20231023 144427 Google
Taman Pracima Tuin memiliki keindahannya bak taman raja yang dipenuhi bunga-bunga cantik, bangunan estetik dan air mancur.

Revitalisasi Pura Mangkunegaran yakni Taman Pracima yang dilakukan pada 21 Januari 2023.

Taman Pracima Tuin memiliki keindahannya bak taman raja yang dipenuhi bunga-bunga cantik, bangunan estetik dan air mancur. Saat ini Taman Pracima Tuin menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Surakarta.

2. Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Screenshot 20231023 144537 Google
Masjid Shiekh Zayed sendiri berdiri di lahan seluas 3,6 hektare. Masjid ini bisa menampung 10 ribu orang.

Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang saat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo bersama Presiden Persatuan Emirat Arab Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan pada 14 November 2022. Masjid Sheikh Zayed bahkan kini menjadi salah satu ikon Kota Solo dan menjadi tujuan para wisatawan.

Masjid Shiekh Zayed sendiri berdiri di lahan seluas 3,6 hektare. Masjid ini bisa menampung 10 ribu orang.

Selain untuk beribadah, masjid bernuansa putih dan emas itu juga bisa dimanfaatkan untuk pengajian dan wisata religi. Masjid Sheikh Zayed pun bisa dikunjungi masyarakat umum.

3. Revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug

Screenshot 20231023 144642 Google
Memiliki luas sekitar 14 hektare dan berlokasi persis di tepian Bengawan Solo.

Program prioritas lainnya dari pemerintah Kota Surakarta yakni revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug yang berganti nama menjadi Solo Safari yang kini menjadi salah satu destinasi wisata di Solo. Saat ini revitalisasi masih mengerjakan pembangunan tahap 2.

Memiliki luas sekitar 14 hektare dan berlokasi persis di tepian Bengawan Solo, TSTJ dipenuhi dengan pohon rindang yang menaungi semua heran koleksinya, serta berbagai fasilitas yang ada.

4. Revitalisasi Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto

Screenshot 20231023 144719 Google
Konsep penataan kawasan Ngarsopuro.

Revitalisasi Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto sudah selesai pembangunannya. Konsep penataan kawasan Ngarsopuro adalah memperpanjang lokasi Night Market Ngarsopuro, dari Jalan Diponegoro ke selatan hingga koridor Jalan Gatot Subroto sepanjang 390 meter menjadi pusat industri kreatif.

Proyek penataan kawasan koridor Ngarsopuro dan koridor Gatsu tersebut dikerjakan pada Juli 2022 dan dikerjakan selama enam bulan. Proyek itu merupakan salah satu dari 10 titik prioritas pembangunan Kota Solo dan ditargetkan rampung pada akhir tahun 2023.

5. Pembangunan Selter Manahan

Screenshot 20231023 144801 Google
Pembangunan selter Manahan Solo berkonsep food court yang berdampingan dengan jogging track Stadion Manahan dan area parkir.

Pembangunan selter Manahan yang sudah selesai digarap pada Desember 2022. Pembangunan selter Manahan Solo berkonsep food court yang berdampingan dengan jogging track Stadion Manahan dan area parkir. Ada sebanyak 132 tempat yang disiapkan untuk PKL kuliner di sepanjang Jalan KS Tubun Manahan.