Pulang dari Saudi, Jokowi Girang Dapat Tambahan 20 Ribu Kuota Haji

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa sangat senang dengan hasil pertemuannya dengan Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman Al Saud. Salah satu hasil dari komunikasi bilateral itu adalah penambahan kuota haji Indonesia untuk tahun 2024 menjadi 20 ribu jemaah.

“Pertemuan saya dengan Yang Mulia Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman Al-Saud kemarin membawa hasil yang kita harapkan: kuota haji tambahan sebanyak 20 ribu jemaah Indonesia untuk perjalanan haji pada tahun 2024 mendatang. Alhamdulillah,” kata Presiden Joko Widodo dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (21/10).

Hal ini disampaikan Jokowi pasca dirinya menyampaikan paparannya tentang jumlah antrean haji Indonesia yang masih membludak. Bahkan dalam antrean itu, ada yang memiliki masa tunggu pemberangkatan hingga 47 tahun.

Inilah ironi yang disampaikan Jokowi kepada Mohammed bin Salman sehingga pemerintah kerajaan Arab Saudi memberikan tambahan kuota agar semakin banyak jemaah haji Indonesia berangkat menunaikan rukun Islam yang kelima itu.

“Kuota tambahan tersebut diberikan setelah PM Mohammed mendengar penjelasan mengenai kondisi antrean haji di Indonesia yang sudah sangat panjang, ada yang waktu tunggu keberangkatannya sampai 47 tahun. Jadi, Indonesia membutuhkan tambahan kuota haji,” paparnya.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029

Berita Terbaru

Kompolnas Minta Kapolri Sediakan Psikolog di Setiap Polres

Anggota Kompolnas Poengky Indarti mengatakan bahwa layanan psikolog penting untuk mencegah kondisi depresi yang sangat mungkin dialami oleh anggota Kepolisian.

TERPOPULER

Rekomendasi :

Cek Jadwal Lengkap Perjalanan Jemaah Haji 2024

Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis perihal Rencana Perjalanan Haji (RPH) tahun 2024, dimana di dalamnya berisi jadwal kegiatan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji Saat Tahap II Ditutup

Pelunasan Tahap II Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) bagi jemaah reguler 1445 H/2024 M ditutup pada hari Selasa (26/3). Total sudah ada 194.744 jemaah reguler yang telah melakukan pelunasan.

Pelunasan Biaya Haji Tahap II Dibuka Hari Ini

Pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) 1445 H tahap II bagi jemaah calon haji reguler akan dibuka mulai hari ini, Rabu 13 Maret hingga Selasa 26 Maret mendatang.

Kemenag : 320 Peserta Lolos Seleksi Calon Petugas Haji 2024

Setidaknya sebanyak 320 perserta dinyatakan lolos seleksi Calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M tingkat pusat.

200.601 Jemaah Lunasi Biaya Haji 2024 di Penutupan Tahap I

Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) jemaah reguler 1445 H/2024 M tahap I ditutup hari ini. Juru Bicara (Jubir) Kementerian Agama Anna Hasbie mengatakan, progres pelunasan sudah mencapai 94,03%.