HOLOPIS.COM, JAKARTA – Calon Wakil Presiden 2024, Mahfud MD menilai bahwa pemilih muda di Pemilu 2024 adalah yang mendominasi jumlah pemilih. Bahkan menurut data, dominasinya mencapai 62 persen.

“Anak muda sekarang ini jumlahnya terbesar, sebanyak 62% yang akan menjadi pemilih yang sangat menentukan,” kata Mahfud MD dalam deklarasi Ganjar-Mahfud oleh kalangan kaum milenial di Gedung Arsip Nasional, Jakarta Barat, Rabu (19/10) malam seperti dikutip Holopis.com.

Dengan demikian, Mahfud memandang bahwa sejatinya Pemilu 2024 nanti akan menjadi wahana bagi anak muda untuk berkontribusi menyongsong masa depan Indonesia, yang seharusnya menjadi lebih baik lagi. Karena mereka akan menentukan siapa sosok Presiden dan Wakil Presiden penerus tongkat estafet Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Maruf Amin.

“Itu berarti, wajah Indonesia 5 tahun mendatang akan sangat ditentukan oleh anda-anda semua anak muda,” ujarnya.

Mahfud juga mengatakan bahwa pemuda juga bisa diartikan sebagai kedewasaan pola pikir. Bagaimana seseorang berpikir lebih logis, rasional dengan gaya yang enerjik dan cekatan.

“Buat saya sebenarnya, anak muda itu bukan hanya berarti diukur dari sisi usianya, tapi lebih dari itu. Menurut saya adalah pemikirannya, cara pandangnya, gayanya dan perspektif di dalam memandang kehidupan,” terangnya.

Sebab kata Mahfud, semangat muda itu menjadi penentu sebuah pergerakan. Bahkan pemuda ibarat sebuah kekuatan dan kemampuan yang sanggup meruntuhkan gunung sekalipun, yang diartikan sebagai sebuah rintangan besar.

“Semangat anak muda adalah selalu berani melakukan sesuatu, anak muda itu kata Sayyidina Ali, bagaimana meruntuhkan gunung yang berdiri kokoh,” tandasnya.

Dengan melihat perspektif itu, Mahfud MD mengajak anak-anak muda untuk ikut mendorong semangat besar menuju Indonesia yang lebih maju lagi dengan ikut menentukan arah di Pilpres 2024.

“Karena itu, saya yang baru saja mendapat kehormatan dari partai politik yaitu ; PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hanura, dan Perindo untuk menjadi pendamping Mas Ganjang Pranowo, pada kali ini mengajak anda semua para anak muda beranilah membenahi dan membangun Indonesia ini dengan kekuatan dan keunggulan masing-masing yang anda miliki,” serunya.

Mahfud MD juga mengajak semua anak muda untuk ikut bersuara, menyebarkan semangat persatuan itu dengan semua kanal yang mereka miliki. Ia yakin jika pemuda yang bersuara, maka pesan besar menuju Indonesia Emas 2045 bisa terwujud.

“Di era digital ini, anak muda punya ruang yang sangat besar untuk bersuara dan berkiprah untuk membangun negeri ini menuju Indonesia Emas tahun 2045,” pungkasnya.