Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

KPK Amankan Mobil Audi A6 dan Dokumen Terkait Kasus Kementan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan mobil sedan bermerek Audi A6 dan sejumlah dokumen yang diduga terkait korupsi di kementerian Pertanian. Mobil dan dokumen itu ditemukan saat penyidik melakukan pengeledahan di Jl Pelita Raya dan Jalan Bumi 13 Blok C Perum B BPH Makassar pada Kamis (4/10) kemarin.

“Dari lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan bukti antara lain berupa 1 unit mobil merek Audi A6 dan sejumlah dokumen,” ucap Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangannya melalui pesan singkat, seperti dikutip Holopis.com, Kamis (5/10).

Atas temuan itu, sambung Ali, pihaknya akan segera menganalisa dan penyitaan. “Penyitaan sekaligus analisis masih dilakukan untuk melengkapi berkas perkara penyidikan ini,” ujar Ali.

Diberitakan sebelumnya, KPK telah meningkatkan status penyelidikan dugaan korupsi di Kementan ke penyidikan. Ada tiga klaster dugaan rasuah yang sedang diusut lembaga antirasuah. Yakni, dugaan pemerasan dalam jabatan, penerimaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Sejurus dengan peningkatan dugaan korupsi ini ke tahap penyidikan, KPK juga telah menjerat sejumlah tersangka. Disebut-sebut pihak yang telah dijerat itu yakni, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Sekjen Kementan Kasdi Subagyono, dan Direktur Alat Pertanian Kementan Muhammad Hatta.

“Sudah disampaikan, ya, pasalnya adalah 12 e, pemerasan dalam jabatan. Informasi yang terakhir dari teman-teman penyidik juga sudah diterapkan pasal-pasal lain. yaitu pasal dugaan gratifikasi dan juga tindak pidan pencucian uang. Jadi pertanyaan 3 klaster saya kira sudah terjawab ya, pemerasan dalam jabatan kemudian gratifikasi dan TPPU,” kata Ali beberapa waktu lalu.

Sejumlah saksi telah diperiksa penyidik KPK dalam pengusutan kasus ini. Tim penyidik KPK juga sebelumnya telah menggeledah sejumlah lokasi. Di antaranya rumah dinas Mentan dan kantor Kementan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru