BerandaPolhukamPilpresPKS Masih Tetap Dukung Anies Walau Belum Setuju Cak Imin Cawapres

PKS Masih Tetap Dukung Anies Walau Belum Setuju Cak Imin Cawapres

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Fraksi PKS di DPR RI, Jazuli Juwaini menegaskan bahwa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih ingin istiqomah dengan dukungan politik mereka kepada Anies Baswedan sebagai Calon Presiden di Pilpres 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Jazuli, karena Anies adalah pilihan hasil rapat majelis syuro DPP PKS untuk langkah politik mereka di Pilpres 2024.

“Sesuai keputusan rapat Majelis Syuro, PKS mendukung Pak Anies Baswedan sebagai Capres,” kata Jazuli dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (8/9).

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid. Sekalipun Anies adalah Capres pilihan PKS, akan tetapi keberadaan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai Cawapres belum direstui.

Penerbit Iklan Google Adsense

Ia menegaskan bahwa nama Cak Imin akan dibahas di dalam rapat Majelis Syuro selanjutnya. Jika nama itu disetujui, maka bisa jadi PKS akan solid dengan NasDem dan PKB mengusung Anies dan Cak Imin sebagai pasangan Capres dan Cawapres di Pilpres 2024.

“Majelis Syura karenanya hanya akan membahas usulan pembacawapresan Cak Imin dari PKB,” ujar Hidayat Nur Wahid dalam penjelasannya.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, nama Muhaimin Iskandar muncul setelah Surya Paloh bertemu dengan Ketum PKB itu. Bahkan Surya Paloh sendiri yang kabarnya meminta langsung Cak Imin agar mau menjadi Cawapres Anies Baswedan.

Hingga akhirnya, pada tanggal 2 September 2023 resmilah kesepakatan koalisi antara PKB dengan PKB dengan konsekuensi Anies-Imin sebagai pasangan Capres-Cawapresnya.

Di sisi lain, hingga sampai dengan saat berita ini diturunkan, Partai Demokrat yang menjadi bagian dari koalisi pendukung Anies justru telah mencabut dukungan mereka karena merasa dikhianati oleh Anies Baswedan.

Sementara PKS, juga masih menaruh kecewa bahwa nama Muhaimin diambil sepihak oleh Surya Paloh dan Anies Baswedan. Terbukti di dalam agenda deklarasi 2 September di Hotel Majapahit alias Hotel Yamato di Surabaya, tak ada satu pun pengurus atau kader PKS yang hadir. Begitu juga saat silaturrahmi PKB dan NasDem pada tanggal 6 September 2023, tak ada satu pun batang hidung kader dan petinggi PKS yang muncul di sana.

Pun demikian, PKS masih belum berani tegas menyatakan akan masih berada di Koalisi pemenangan Anies atau tidak, dengan kondisi Cawapresnya adalah Muhaimin Iskandar.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.

Timnas AMIN Segera Dibubarkan, Pilpres 2024 Selesai!

Timnas AMIN akan dibubarkan secara resmi pada hari Jumat, 26 April 2024 dalam agenda Halal Bihalal di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

PDIP Ternyata Masih Ngotot Ajukan Hak Angket, Belum Ikhlas Kalah Pilpres

Ahmad Basarah menegaskan bahwa sampai dengan saat ini fraksinya terus melakukan pendalaman wacana untuk menggulirkan hak angket kecurangan Pemilu 2024 di DPR RI.

PPP Tegaskan Pilpres 2024 Selesai, Tak Mau Ikut Campur Lagi dengan PDIP

PPP menegaskan bahwa pasca putusan MK tentang sengketa PHPU yang dibacakan pada tanggal 22 April 2024 lalu menunjukkan, bahwa semua rangkaian Pilpres 2024 sudah selesai.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS