Selasa, 25 Juni 2024
BerandaNewsKesehatanTips Alami Redakan Batuk yang Mengganggu

Tips Alami Redakan Batuk yang Mengganggu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kualitas udara yang belakangan ini berkualitas buruk memang membaut masyarakat rentan terhadap batuk. Batuk kering atau berdahak memang sama-sama akan sangat mengganggu dalam berkegiatan sehari-hari. Jika tidak ingin meminum obat, Sobat Holopis bisa mencoba beberapa tips alami ini untuk membantu melegakan batuk.

1. Minum Air Secukupnya

Satu cara sederhana untuk melegakan batuk adalah dengan memastikan Sobat Holopis tetap terhidrasi dengan baik. Minum air secukupnya membantu melunakkan lendir dan mengencerkannya, sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan. Minumanlah juga hangat seperti teh herbal, madu, atau jus lemon juga dapat membantu meredakan iritasi tenggorokan.

2. Gunakan Uap

Penerbit Iklan Google Adsense

Menghirup uap panas dari air hangat dapat membantu melegakan batuk dan mengurangi ketidaknyamanan pada saluran pernapasan. Sobat Holopis bisa melakukan ini dengan mengisi mangkuk besar dengan air panas dan membungkukkan kepala di atas mangkuk tersebut. Untuk hasil terbaik, bisa juga menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak peppermint atau eucalyptus ke dalam air.

3. Madu

Madu memang telah lama digunakan sebagai obat alami untuk batuk dan pilek. Madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan tenggorokan yang teriritasi. Sobat Holopis bisa mencampur satu hingga dua sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh herbal untuk meredakan batuk.

4. Jahe

Jahe adalah rempah-rempah yang memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik. Sobat Holopis bisa membuat teh jahe dengan memotong beberapa potongan jahe segar dan merebusnya dalam air. Minum teh jahe ini beberapa kali sehari dapat membantu meredakan batuk dan meredakan peradangan di saluran pernapasan.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Manfaat Kacang Polong, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kacang polong merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan jenis makanan apapun, mulai dijadikan sebagai camilan hingga olahan masakan. Selain lezat dikonsumsi,...

Tips Ampuh Atasi Insomnia dengan Mudah

Insomnia atau kesulitan tidur adalah masalah umum yang dapat memengaruhi kualitas dan produktivitas hidup seseorang secara signifikan.

Mengenal Glaukoma, Penyakit yang Bisa Bikin Buta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komedian Adul sempat membuat kehebohan setelah sebuah gossip menyebutkan bahwa ia mengalami kebutaan. Klaim kebutaan itu terjadi disebutkan karena penyakit glaukoma...

Keju Gak Cuman Lezat, Tapi Juga Bikin Sehat!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagian besar orang di dunia ini suka mengonsumsi keju, bahkan di sebagian belahan dunia keju jadi salah satu makanan pokok setiap...

Mengapa Daging Tak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak? Begini Penjelasannya

Ketika mempersiapkan daging untuk dimasak, banyak orang memiliki kebiasaan mencuci daging terlebih dahulu. Mereka berpikir bahwa mencuci daging dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin ada.

Banyak Makan Daging? Minum Ini Biar Gak Kolestrol!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Salah satu penyebab kolestrol adalah karena terlalu banyak menyantap daging. Apalagi di momen hari besar seperti Idul Adha, dimana masyarakat Indonesia...

HOLOPIS FEEDS