BerandaNewsKesehatanJakarta Masih Jadi Kota dengan Kualitas Udara Terburuk No 1 di Dunia...

Jakarta Masih Jadi Kota dengan Kualitas Udara Terburuk No 1 di Dunia Hari Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Masyarakat Jakarta tampaknya masih harus menggunakan masker untuk berkegiatan di luar rumah pada hari ini. Terpantau tim Holopis.com pada hari ini, Jum’at (1/9), Jakarta ada di peringkat pertama kota dengan polusi udara tertinggi di dunia di situs IQAir.

Sementara kota-kota yang mengikuti sesudah Jakarta adalah Johannesburg, Kuching, Dhaka, Kolkata, Lahore, dan Mumbai.

Hal ini tentunya masih sangat mengkhawatirkan untuk masyarakat Indonesia. Hal tersebut karena ada beberapa penyakit yang bisa diderita jika Sobat Holopis terlalu sering menghirup udara buruk Jakarta.

1. Risiko Penyakit Kardiovaskulas

Penerbit Iklan Google Adsense

Jika sering menghirup udara dengan kualitas buruk, polusi udara bisa masuk ke aliran darah dari paru-paru dan jantung. Lalu, zat yang ada di dalamnya dapat merusak pembuluh darah dengan membuatnya jadi sempit serta keras.

Karena itulah, kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan peredaran darah yang jadi tinggi.

2. Gangguan Mata

Tak hanya masalah pada pernapasan, gangguan pada pengelihatan juga terancam loh karena kualitas udara yang buruk. Terlalu sering terpapar udara buruk dapat memicu iritasi, sindrom mata kering, konjungtivitis hingga glaukoma. Pakailah kacamata atau pelindung mata lainnya jika harus berkegiatan di luar rumah.

3. Asma

Jika Sobat Holopis memiliki riwayat asma, ini dapat membuat penyakit asma jadi kambuh. Karena itulah rutin menggunakan masker jika diharuskan berkegiatan di luar rumah. Pastikan juga sering membersihkan rumah agar kualitas udaranya terjamin.

4. Kelahiran Prematur

Bagi ibu hamil, saat kualitas udara di Jakarta sedang buruk, hindari terlalu banyak berkegiatan di luar rumah. Jika harus keluar rumah, jangan lupa untuk terus menggunakan masker agar tidak mengalami gangguan kehamilan.

Tak usah khawatir, ini beberapa langkah yang bisa Sobat Holopis ikuti untuk meminimalisir terkena polusi udara, berdasarkan penjelasan dari Dokter Umum Murni Teguh Memorial Hospital Medan, Wiedya Kristianti Angeline.

  • Dihindari udara dengan polusi yang buruk
  • Pakai masker
  • Gunakan air purifier di rumah/kantor
  • Kurangi menggunakan kendaraan pribadi
  • Tanam pohon/tanaman kecil untuk menambah udara segar
  • Hindari rokok
Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia. Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya,...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS