Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizBikin Merinding, Ini Ramalan BI soal Suku Bunga Acuan AS

Bikin Merinding, Ini Ramalan BI soal Suku Bunga Acuan AS

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan prakiraan pihaknya terkait suku bunga acuan Amerika Serikat (AS), atau yang biasa disebut Fed Fund Rate (FFR).

Dia mengatakan, bahwa kenaikan suku bunga acuan yang terjadi di negeri Paman Sam itu saat ini sudah mencapai puncaknya. Sehingga bisa dikatakan, bahwa potensi kenaikannya kini sudah tidak ada.

“Kami meyakini FFR mencapai puncaknya,” kata Perry dalam konferensi pers virtual yang dikutip Holopis.com, Kamis (25/5).

Sebagaimana diketahui, Bank Sentral AS alias The Federal Reserve (The Fed) pada awal Mei 2023 memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuannya sebesar 0,25 persentase. Kenaikan itu membawa suku bunga acuan ke level 5 – 5,25 persen.

Melihat hal tersebut, Perry meyakini The Fed tidak akan mengambil langkah ekstrem terhadap suku bunga acuan mereka pada periode bulan Juni mendatang.

“Kami probabilitas bagi FFR naik di Juni gak terlalu besar, akan tetap stay,” jelasnya.

Meski begitu, Perry masih menyoroti sejumlah hal di As yang menurutnya cukup mengejutkan, yakni inflasi yang turun cenderung melambat. Padahal, The Fed sudah cukup agresif dalam menaikkan suku bunga acuannya.

“FFR kemungkinan akan stay. Agak berbeda dengan analisis FFR akan turun di akhir tahun,” tegas Perry.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.