Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mau Tiket Cawapres, Mahfud MD Harus Punya 3 Modal Elektoral

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengamat komunikasi politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto mengingatkan bahwa seseorang harus mampu memenuhi 3 (tiga) modal penting jika ingin maju dalam kontestasi pemilihan umum, termasuk Pilpres.

“Problem lanjutannya, pemilu kan bukan semata-mata bicara kapasitas intelektual, sosial, personal, bicara integritas. Tapi juga bagaimana how to communicate, bagaimana dia mengomunikasikan dirinya dengan masyarakat pemilih,” kata Gun Gun dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (21/5).

Tiga modal yang utama yang harus benar-benar diperhatikan seorang calon presiden maupun calon wakil presiden adalah ; popularitas, kapabilitas dan elektabilitas. Ketiganya menurut Gun Gun cenderung saling berkaitan.

“Makanya dalam kontestasi elektoral bicara 3 modal ; popularitas, elektabilitas kemudian akseptabilitas,” ujarnya.

Dijelaskan Gun Gun, bahwa modal populer ternyata tidak bisa dijadikan rujukan seseorang akan dipilih oleh rakyat untuk menjadi pemimpin mereka. Akan tetapi seseorang itu juga harus memiliki tingkat akseptabilitas yang artinya sosoknya diterima oleh masyarakat bukan sekadar populer saja.

“Jadi orang populer belum tentu dipilih, belum tentu juga diterima. Makanya popularitas penting, akseptabilitas penting, elektabilitas penting,” paparnya.

Dengan penjelasan ini, ia harap siapapun sosok yang ingin maju dalam kontestasi elektoral Pilpres 2024 harus bisa mempertimbangkan ketiga aspek ini.

“Nah, sekarang ya tentu Pak Mahfud menjadi satu di antara satu potensial nama untuk line-up cawapres. Tentu ada nama-nama lain seperti Erick Thohir, sandiaga uno, kemudian ada nama Ridwan Kamil,” tandasnya.

Untuk dari sisi personality, Gun Gun tak meragukan kapasitas dan integritas seorang Mahfud MD.

“Kapasitas intelektual, beliau bukan semata-mata guru besar, tetapi juga artikulasi pemikirannya jelas, memiliki visi kenegaraan yang mumpuni menurut saya,” terang Gun Gun.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru