Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ketahui Penyebab Bau pada Lubang Anting Telinga, Ternyata Karena…

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengunaan anting di telinga memang akan membuat seseorang lebih percaya diri serta menunjang penampilan. Sayangnya, kebiasaan ini dapat menyebabkanlubang anting menjadi bau apalagi bila pemakaian dan perawatan terbengkalai.

Maka informasi ini penting bagi setiap pengguna anting di telinga, simak penjelasan berikut mengapa lubang anting pada telinga dapat berbau tak sedap. Seperti yang telah dikutip Holopis.com, dari situs resmi Klikdokter, Rabu (19/4).

1. Lubang Anting kotor
Ketika mandi, area tubuh yang sering tubuh yang sering dilewatkan adalah lubang telinga. Beberapa orang cenderung lebih fokus membersihkan area tubuh yang terlihat, nyatanya tanpa disadari keringat serta kotoran yang telah bercampur dengan bakteri lah yang menimbulkan bau tak sedap pada lubang anting di telinga. Selain itu, kelenjar keringat terdapat di bagian area kulit manapun yang dapat mengeluarkan sebum atau minyak yang dapat berbau. Sehingga, lipatan belakang telinga dan lubang anting sebabkan kotoran serta minyak menumpuk, hal inilah yang menyebabkan lubang anting menghasilkan bau tak sedap.

2. Polusi dan Zat tertentu
Senyawa atau beberapa zat seperti produk rambut, asap rokok, asap kendaraan bermotor, polusi, debu, ataupun kotoran lainnya dapat menumpuk pada belakang telinga maupun garis rambut. Akibatnya, menimbulkan bau tak sedap pada lubang anting. Tak hanya itu, penggunaan selendang, top, kosmetik, sisa produk rambut, atau bahkan memiliki rambut panjang juga dapat menyumbat pori-pori di belakang telinga dan membuat lubang tindik anting bau.

3. Infeksi
Penyebab lubang tindik anting berbau tak sedap yang terakhir yaitu, infeksi. Sehingga, menimbulkan bau tak sedap seperti keju, penyebabnya antara lain bakteri dan jamur yang memang gemar hidup di lingkungan yang lembab dan hangat. Adapun, beberapa penyebab infeksi bakteri tersebut yaitu sering menggaruk area lubang anting dengan tangan kotor, penggunaan kacamata, dan infeksi saat tindik anting.

Itulah 3 penyebab mengapa lubang anting pada telinga berbau tak sedap, lakukan perawatan rutin pada anting serta rajin bersihkan area telinga agar lubang tindikan tidak mengeluarkan bau tak sedap.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru