Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

PDIP Dinilai Tak Perlu Koalisi dengan Parpol Lain

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Aljabar Strategic, Arifki Chaniago menyarankan agar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) percaya diri untuk mengusung bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden sendiri, tanpa harus berkoalisi dengan partai politik mana pun.

Sebab kata dia, partai yang digawangi oleh Megawati Soekarnoputri ini menjadi satu-satunya partai politik di Senayan yang memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold (PT) 20 persen.

“Sebenarnya PDI Perjuangan harus usung capres dan cawapres sendiri karena sudah melengkapi angka PT 20 persen,” kata Arifki dalam keterangannya kepada Holopis.com, Sabtu (8/4).

Hal itu disampaikan Arifki di tengah isu kesediaan PDIP untuk menjadi tuan rumah pertemuan koalisi besar dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Alih-alih bergabung dengan koalisi lain, PDIP, kata Arifki, harusnya lebih percaya diri lantaran punya banyak kader internal yang sudah masuk radar capres dan cawapres.

“Seharusnya dengan situasi ini PDIP mendorong figur yang cukup menonjol, baik di capres maupun cawapres. Ini juga menguntungkan partai dan bisa dimaksimalkan untuk melahirkan figur yang memang kuat dari parpol itu,” pungkas Arifki.

Berikut adalah perolehan suara partai politik di Pemilu 2019 :

1. PDI Perjuangan : 22,26 %
2. Partai Golkar : 14,78 %
3. Partai Gerindra : 13,57 %
4. Partai Nasdem : 10,26 %
5. PKB : 10,09 %
6. Partai Demokrat : 9,39 %
7. PKS : 8,7 %
8. PAN : 7,65 %
9. PPP : 3,3 %

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru