Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Pilpres 2024 Momentum Tepat Pulihkan Persoalan Bangsa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Figur Rizal Ramli diyakini mampu mengatasai berbagai masalah yang tengah terjadi di Indonesia, termasuk resesi ekonomi, penegakan supremasi hukum dan hak asasi manusia (HAM), serta memulihkan kembali demokrasi yang sudah rusak.

Demikian pendapat peneliti senior Institut For Strategic And Development Studies (ISDS), M Aminudin dalam keterangannya yang dikutip oleh Holopis.com, Senin (3/4).

Menurut Aminudin, pengalaman Rizal Ramli yang sukses mengukir prestasi saat berada di dalam Kabinet Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur menjadi fakta yang tak bisa dipungkiri. Misalnya, sebut Aminudin, sejarah mencatat bahwa ekonom yang memiliki jurus “rajawali ngepret” dan “rajawali bangkit” itu pernah menaikkan pertumbuhan ekonomi dari negatif 3 persen ke positif 4,9 persen.

“Yang bisa membawa perubahan lebih baik saat ini hanya Dr. Rizal Ramli. Rizal Ramli sudah teruji mampu mengatasi krisis ekonomi dan tata pemerintahan yang baik,” tutur Aminudin.

Bahkan, terkait pengentasan kemiskinan, Aminudin mengungkapkan, Rizal Ramli ketika menjabat menteri perekonomian kabinet Gus Dur tercatat tercepat atasi kemiskinan 4.29% setahun dan mengurangi kesenjangan ekonomi di Indonesia yang ditunjukkan oleh indikator rasio gini.

“Tercatat koofisien gini ratio terendah Indonesia sepanjang 50 tahun terakhir terjadi di akhir zaman Gus Dur, yaitu sebesar 0,31. Yang terdekat dengan capaian Gus Dur adalah era Suharto di tahun 1993, gini ratio sebesar 0,32,” jelasnya.

Selama era Gus Dur, lanjut Aminudin, tim sukses ekonomi mengurangi beban utang sebesar USD 4,15 miliar. Selain itu yang juga secara mengagumkan, ternyata pertumbuhan yang terjadi di era Gus Dur lebih berkualitas dibandingkan era pemerintahan setelah hingga Jokowi sekarang ini.

“Karena kuncinya sukses menekan inflasi dan membangkitkan sektor riil terutama pertanian. Kualitas yang berbeda dari era pasca Gus Dur, yang pertumbuhan ekonominya mengikuti memburuknya distribusi pendapatan,” tegasnya.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie, mengatakan, Pilpres 2024 adalah momentum bagi masyarakat untuk memilih pemimpin yang memiliki visi perubahan untuk bangsa. Menurut Jerry, hanya Rizal Ramli lah figur yang memiliki komitmen teguh, memiliki leadership yang kuat, berintegritas, dan memiliki kapabilitas.

“Jadi capres yang saat ini selain Rizal Ramli, hanya adopsi grand design Jokowi. Jadi kalau bukan antitesa Jokowi, maka akan sulit bagi calon mana pun menang,” kata Jerry.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru