Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kenali Bahaya Tidur Setelah Makan, Simak Penjelasannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Umumnya sesaat setelah makan, tubuh terasa sangat mudah mengantuk dan ingin langsung tidur.

Namun tahukah anda bahwa hal tersebut sama sekali tidak dianjurkan dokter dan berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Simak ulasan berikut ini, mengenai bahaya tidur sesaat setelah makan, seperti dikutip Holopis.com dari YouTube SB30 Health, Selasa (21/3).

1. Proses Makanan Masuk ke Lambung 

Proses mengunyah makanan yang disarankan dokter adalah sebanyak 32 kali, namun hal ini kerap dianggap sepele oleh banyak orang, karena makanan yang masuk ke lambung harus benar-benar halus. Pasalnya pengosongan lambung kurang lebih 2 sampai 4 jam, jika sesudah makan langsung tidur hal ini akan membuat makanan kembali terdorong ke atas.

2. Posisi Tidur Melawan Gravitasi

Jika tidur saat lambung anda dalam keadaan penuh, ini akan membuat makanan terdorong kembali ke atas karena posisi tidur yang sebenarnya melawan gravitasi. Sebenarnya makanan tidak dapat kembali terdorong ke kerongkongan atau esophagus, namun beberapa orang yang mengalami penyakit yang membuat penutup lambung lemah sehingga mendorongnya kembali keatas.

3. Bahaya Bagi Penderita GERD

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, beberapa orang memiliki lemah lambung atau yang dikenal dengan Lower Esophageal Spincher (LES), nama penyakit ini adalah  Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Penderitanya dilarang tidur sesaat setelah makan, karena makanan yang sangat mudah naik kembali ke esophagus. Jika penderitanya tidur setelah makan, gejala yang akan dirasakan yaitu lambung terasa tiba-tiba panas, terasa seperti terbakar, serta mulut yang terasa sangat tidak enak.

4. Menjaga Pola Makan

Konsumsi makanan yang berlebihan sampai terlalu kenyang, tidak baik bagi kesehatan anda. Seperti kata pepatah yang mengatakan, makan lah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, adalah benar pasalnya saran dokter konsumsi makanan cukup 70 % kenyang sehingga menyisakan ruang udara di dalam lambung anda. Lambung yang terlalu penuh ditambah dengan posisi tidur, akan sangat berisiko membuatnya kembali ke atas tenggorokan atau esophagus.

Luangkanlah waktu, seperti yang telah disarankan dokter untuk mengosongkan lambung sesaat setelah makan. Hal ini bertujuan agar makanan benar-benar dicerna dalam lambung anda, sehingga ketika ingin tidur makanan tersebut tidak naik kembali ke atas yang berbahaya bagi kesehatan anda, ikuti seperti penjabaran yang telah disampaikan sebelumnya agar menghindari hal yang tak diinginkan saat tidur sesudah makan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru