Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Sistem Proporsional Tertutup Untungkan Partai Ideologis

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengamat politik, Karyono Wibowo menilai bahwa sistem pemilihan legislatif (Pileg) dengan proporsional tertutup sangat menguntungkan bagi partai politik yang memiliki ideologi dan identitas yang kuat.

“Sistem proporsional tertutup itu yang diuntungkan adalah parpol ideologis dan punya party id (identitas partai),” kata Karyono kepada Holopis.com, Kamis (9/2).

Lalu, Karyono memandang bahwa sistem proporsional tertutup jauh lebih baik ketimbang proporsional terbuka.

Jika memang menggunakan sistem proporsional tertutup, partai politik harus memiliki sistem kaderisasi dan proses rekrutmen yang baik dan konsisten.

“Sistem proporsional tertutup lebih efektif jikalau pimpinan partai membuat kebijakan partai yang konsisten, punya persyaratan yang ketat yang dijadikan dasar untuk menentukan siapa yang jadi,” ujarnya.

Hanya saja, tantangan beratnya adalah tingkat keimanan pimpinan dan elite partai politik agar benar-benar mengutamakan kualitas kader ketimbang sekedar kemampuan logistik dan popularitas.

“Tantangannya di tingkat keimanan elite partai politik kuat apa tidak, misalnya ada orang yang mau jadi caleg bawa dollar, kuat nggak imannya. Tapi kalau partai bisa melakukan kaderisasi dan rekrutmen terbaik ya tentu proporsional tertutup lebih efektif,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PPP Tak Lolos Parlemen, Mardiono Janji Tanggung Jawab Penuh

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono menegaskan akan bertanggung jawab atas ditolaknya gugatan yang diajukan PPP terkait sengketa Pemilu 2024 oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Mardiono Kecewa PPP Tak Lolos Parlemen

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono mengungkapkan kekecewaannya atas keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan PHPU Pileg yang diajukan oleh pihaknya.

Demokrat Sarankan Arsul Sani Pikir Ulang Ikut Sidangkan Sengketa PHPU Pileg

Benny Kabur Harman menyarankan agar Arsul Sani berpikir ulang untuk ikut terlibat di dalam persidangan sengketa hasil Pileg 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru