Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Polri Dapat Tambahan Kekuatan 200 Ribu Banser Amankan Natal 2022

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Mabes Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan, bahwa pihaknya sudah mendapatkan tambahan list pasukan untuk mengamankan agenda natal 2022.

Tambahan pasukan tersebut adalah dari kalangan Barisan Ansor Serba Guna (Banser) yang berjumlah 200.000 orang.

Hal ini disampaikan Dedi pasca melakukan pertemuan dengan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Dimana Gus Yaqut juga merupakan Ketua Umum GP Ansor.

“Pak Menteri Agama juga menyiapkan 200 ribu Banser yang ikut bersama Polri dalam rangka mengamankan gereja, baik saat pelaksanaan misa malam natal dan misa tahun baru,” kata Dedi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (19/12).

Kemudian, jenderal polisi bintang dua itu menyampaikan, total keseluruhan pasukan pengamanan agenda keagamaan umat Kristiani itu, akan berjumlah sekitar 102 ribu personel Polri dibantu juga oleh TNI, Dinas Perhubungan dan Jasa Marga.

Pengamanan juga akan dilakukan pula oleh masing-masing pengamanan internal gereja untuk mempertebal upaya mengamankan agenda Natal nanti.

“Termasuk juga pengamanan internal dari pihak gereja akan mengamankan rangkaian ibadah umat Kristiani,” ujarnya.

Kegiatan pengamanan ini diberi nama Operasi Lilin. Setidaknya, ada 52.636 lokasi yang akan menjadi titik lokasi pengamanan di seluruh Indonesia, di antaranya adalah; 771 terminal, 653 pelabuhan, 206 bandara, 526 stasiun kereta api, 3.693 pasar dan pusat perbelanjaan, 3.709 obyek wisata, 1.706 obyek perayaan malam pergantian tahun dan 49.702 gereja.

Ops Lilin ini akan beroperasi sejak tanggal 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 mendatang.

“Saat nanti digelar, Operasi Lilin dapat mengantisipasi arus mudik dan arus balik, sehingga semua bisa dilaksanakan dengan aman, lancar dan tetap mengutamakan para pengguna jalan,” jelasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Dituntut Cobot Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Serdadu Muda Nusantara (Sedara) melakukan aksi...

APBMI Pastikan Bisnis Batu Bara Tan Paulin Tak Ada Campur Tangan Rita Widyasari

Pengusaha batubara Tan Paulin disebut menjalankan bisnis batu bara secara profesional.

BNN Bongkar Jaringan Narkoba Malaysia

Dalam operasi yang dilakukan sepanjang bulan Agustus, BNN berhasil membongkar jaringan peredaran narkotika asal Malaysia yang menyusupkan barang haram tersebut melalui Aceh untuk kemudian diedarkan ke Sumatra Utara dan Sumatra Selatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru