BerandaDaerahJatengJateng Aktifkan 'Pake-Siska' Untuk Cegah Kesalahan Pengadaan Barang dan Jasa

Jateng Aktifkan ‘Pake-Siska’ Untuk Cegah Kesalahan Pengadaan Barang dan Jasa

HOLOPIS.COM, SEMARANG – Dinas Perhubungan Jawa Tengah (Dishub Jateng) menggunakan aplikasi E-Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pelaksanaan Kegiatan (Pake-Siska) untuk meminimalisir kesalahan pengadaan barang dan jasa dan akan menjadi patokan pelaksanaan kegiatan.

Kepala Dishub Jateng, Henggar Anggoro mengatakan bahwa KAK hadir untuk memberikan acuan berjalannya program.

“Inilah yang menyebabkan pelaksanaan kegiatan menjadi kacau balau, karena roh utamanya KAK pelaksanaan kegiatan tidak berhenti sebatas pemenuhan persyaratan dalam penganggaran. Untuk menghindari hal ini menuangkan semuanya ke dalam Kerangka Acuan Kerja pelaksanaan kegiatan, benar-benar menjadi acuan,” kata Henggar seperti dikutip Holopis.com Jawa Tengah, Selasa (4/10).

Senada dengan Henggar, Sekretaris Dishub Jateng, Syurya Deta Syafrie menghimbau agar segera menyusun KAK bagi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pengguna Anggaran (PA), dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) agar terstruktur rujukan pengendaliannya.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Jadi selain KAK usulan anggaran, juga diperlukan penyusunan KAK pelaksanaan kegiatan, terlebih didukung dengan teknologi informasi untuk membuat mekanisme yang memadai dan terstruktur, sebagai alat bantu atau instrumen evaluasi dan monitoring,’’ terang Syurya.

Perlu diketahui, Pake-Siska adalah sebuah sistem untuk mengendalikan terlaksananya program dengan menggunakan parameter atau standar KAK.

Kepala Sub Bagian Program pada Dishub Jateng Dahyan Iswahyudi menjelaskan, implementasi kegiatan dibuat secara detail berdasarkan sub kegiatan, meliputi latar belakang, maksud dan tujuan, cara realisasi dan penanggung jawab, jadwal program yang bakal dievaluasi setiap bulan secara rutin.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Cek Prakiraan Cuaca Jateng Hari Ini, Berpeluang Turun Hujan?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Rabu 10 Juli 2024.

BMKG Prediksi Cuaca Jateng Bakal Diguyur Hujan Siang-Malam Ini, Simak Wilayahnya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Festival Kuliner Non Halal di Paragon Solo, Sempat Diprotes dan Dihentikan

Festival Kuliner Pecinan Nusantara yang dihelat di Solo Paragon Mall sejak 3 Juli 2024 menuai kontroversi. Acara yang menyajikan berbagai hidangan non-halal ini mendapat protes dari beberapa ormas Islam di Solo, bahkan berujung pada penghentian event.

Cuaca Jateng Bakal Dilanda Hujan Hari Ini, Cek Sebarannya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Kamis 4 Juli 2024.

BMKG Prediksi Cuaca Jateng Bakal Turun Hujan, Cek Sebarannya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

Cuaca Jateng Masih Berpotensi Turun Hujan Hari Ini, Cek Wilayahnya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.

HOLOPIS FEEDS