Penerimaan Pajak Tumbuh 15,3 Persen Melebihi Target APBN 2021

Lainnya :

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pertumbuhan pendapatan negara pada Oktober 2021 ditopang oleh peningkatan penerimaan kepabeanan dan cukai, serta PNBP. Penerimaan pajak mencapai Rp953,6 triliun atau telah memenuhi 77,56 persen dari target pada APBN 2021. Realisasi penerimaan Pajak tersebut tumbuh sebesar 15,3 persen (yoy).

“Dari sisi penerimaan menunjukkan perubahan yang dinamis merefleksikan kondisi ekonomi dan dunia usaha yang sekarang mampu membayar pajak kembali karena kondisi bisnis mereka sudah mulai pulih,” ucap Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Pers APBN KiTa November 2021 yang dilakukan secara daring (25/11).

Dijelaskan penerimaan pajak, PPh Migas tumbuh 55,7 persen didorong oleh kenaikan harga komoditas minyak bumi dan gas bumi. Sedangkan PPh Non Migas tumbuh 8,9 persen yang komposisinya berasal dari pajak-pajak yang menunjukkan aktivitas ekonomi tumbuh positif.

PPN tumbuh 20,4 persen didorong oleh PPN dalam negeri, hal tersebut dikarnakan aktivitas ekonomi yang kembali normal dan PPN Impor yang menggambarkan kegiatan impor meningkat signifikan. PBB tumbuh 1,2 persen ditopang oleh kenaikan PBB Perkebunan, dan pajak lainnya tumbuh 91,5 persen yang merupakan dampak penyesuaian tarif bea materai.

“Penerimaan bea dan cukai sejak tahun lalu masih resilient dan sampai tahun ini masih tetap bertahan. Sampai dengan 31 Oktober 2021, penerimaan kita mencapai Rp205,78 triliun atau 95,73 persen dari target APBN, tumbuh sangat kuat 25,47 persen,” tegas Menkeu.

Kinerja komponen penerimaan Cukai, Bea Masuk (BM), dan Bea Keluar (BK) berturut-turut tumbuh 10,3 persen (yoy), 16,83 persen (yoy), dan 868,61 persen (yoy). Realisasi PNBP sampai dengan akhir Oktober 2021 mencapai Rp349,2 triliun atau 117,1 persen dari target dalam APBN 2021. Capaian realisasi PNBP tumbuh 25,2 persen tersebut utamanya didorong oleh kenaikan penerimaan Sumber Daya Alam (SDA) sebesar Rp111,18 triliun, PNBP Lainnya dan pendapatan Badan Layanan Umum

“Jadi penerimaan bea cukai tahun ini cukup sangat baik, baik karena cukai yang masih dipertahankan cukup baik, dan sekarang dikontribusikan oleh bea masuk dan bea keluar yang mengalami momentum yang sangat tinggi akibat pemulihan ekonomi terutama ekspor impor,” tutup Menkeu.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029

Berita Terbaru

Sheffield United Out dari Liga Inggris!

Sheffield United sudah dipastikan terdegradasi dari Liga Inggris musim ini, dan turun tahta ke Divisi Championship musim depan. Kepastian itu didapat setelah mereka kalah dari Newcastle United pekan ini.

TERPOPULER

Rekomendasi :

Heboh Warung Madura Dilarang Buka 24 Jam, DPRD DKI Jakarta Ingatkan Ini

Lukman Hakim turut angkat bicara terkait kabar larangan warung Madura buka 24 jam. Ia meminta pemerintah untuk melindungi pelaku usaha warung UMKM.

Bea Cukai Janji Tindaklanjuti Kasus Bantuan Alat Belajar SLB dari Korsel Ditagih Ratusan Juta

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai buka suara terkait keluhan netizen soal bantuan alat bantu untuk Sekolah Luar Biasa (SLB) dari Korea Selatan (Korsel) yang tertahan di Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Heboh Warung Madura Dilarang Buka 24 Jam, Kemenkop UKM Bersilat Lidah

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) buka suara terkait kabar tentang larangan warung Madura buka 24 jam yang membuat heboh masyarakat.

Surplus APBN 2024 Tak Setebal Tahun Lalu, Begini kata Kemenkeu

Surplus Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada triwulan I-2024 ini tidak lagi sebesar tahun lalu yang mencapai ratusan triliun rupiah, dimana pada tahun ini hanya triliunan rupiah saja.

BRI Pede Penyaluran Kredit Tetap Tumbuh Positif Meski Suku Bunga Naik

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyambut baik kebijakan Bank Indonesia (BI) yang menaikkan suku bunga acuannya atau BI-7 Day Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 basis poin menjadi 6,25 persen.