Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Genjot Vaksinasi, Pemkab Jepara Target Akhir Oktober Capai 50 Persen

JEPARA, HOLOPIS.COMBupati Jepara, Dian Kristiandi menyatakan bahwa pihaknya telah menargetkan pencapaian vaksinasi Covid-19 50 persen di akhir Oktober ini.

“Pemerintah Kabupaten Jepara menargetkan akhir Oktober 2021, capaian vaksinasi di Jepara mencapai 50 persen,” kata Dian, Kamis (14/10).

Untuk mencapainya, Pemkab Jepara akan meningkatkan target pelayanan vaksinasi Covid-19 hariannya.

Diharapkan rata-rata pelayanan vaksinasi harian bisa mencapai 11 ribu dosis per hari sehingga sampai akhir Oktober target cakupan 50 persen dosis I dapat terpenuhi.

“Ini dengan catatan vaksin tersedia dari pusat sesuai dengan kebutuhan dan diprioritaskan untuk dosis I,” ujarnya.

Dijelaskan Dian, bahwa per 13 Oktober 2021, masih tersedia sebanyak 30.031 dosis vaksin, sehingga masih kurang sekitar 115.908 dosis untuk memenuhi kebutuhan pencapaian 50 persen dosis 1.

Salah satu trik agar pencapaian vaksinasi ini terpenuhi, pihaknya akan mempersiapkan program vaksinasi door to door.

“Nanti jika memang dibutuhkan maka akan disiapkan mobil vaksin keliling untuk menjangkau masyarakat pedesaan sampai tingkat RT dan RW,” jelasnya.

Skenario lain untuk mencapai target tersebut, yakni melakukan vaksinasi di tempat-tempat keramaian dan wisata bersama TNI dan Polri serta pemberdayaan klinik dan sentra vaksin di Setda dengan memaksimalkan sisa vaksin yang ada untuk dosis 1.

Dian ingin agar program vaksinasi untuk pencapaian herd immunity sebagai bagian dari upaya penanggulangan pandemi Covid-19 bisa cepat rampung. Maka perlu peran aktif seluruh stakeholder yang ada.

“Selain itu kita terus mendorong agar dilakukan sosialisasi, koordinasi serta meningkatkan kerjasama lintas sektor dan membangun sinergi dengan satgas kecamatan dan satgas desa dalam mobilisasi sasaran,” tandasnya.

Cakupan vaksinasi berdasarkan data KCP-PEN per 13 Oktober dosis 1 sebesar 315.286 orang atau 34,18 persen dari target sasaran 922.450 orang. Sedangkan sasaran lansia baru mencapai 18,25 persen, petugas publik 121,3 persen, masyarakat umum dan rentan 30,69 persen dan tenaga kesehatan sebesar 158,23 persen.

Untuk capaian vaksinasi akan kita lakukan percepatan, pasalnya salah satu indikator yang menyebabkan Jepara turun ke level 3 PPKM yakni masih rendahnya capaian vaksinasi. Untuk berada di level 2 capaian vaksinasi dosis 1 minimal 50 persen dan lansia minimal 40 persen.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru