Berantas Kawin Kontrak, DPR Dorong KUA Bogor Direvitalisasi

Lainnya :

JAKARTA, HOLOPIS.COM – DPR RI mendorong Kantor Urusan Agama (KUA) KUA Bogor segera direvitalisasi untuk memberantas praktik kawin kontrak yang saat ini semakin masif.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka mengungkapkan, alasan dipilihnya Kota Bogor sebagai pilot project revitalisasi, karena dinilai sangat strategis yang letaknya berdekatan dengan Ibu Kota Jakarta.

Diah mengungkapkan penduduk Kota Bogor sudah sangat dikenal sebagai salah satu penduduk yang religius tidak hanya di Provinsi Jawa Barat tapi juga secara nasional.

“Komisi VIII DPR mendorong Kota Bogor dijadikan sebagai pilot project karena pertimbangan beberapa hal. Pertama, Kota Bogor terdiri dari enam kecamatan, dimana per kecamatan terdapat 200 ribu penduduk, dekat dengan Jakarta dan penduduknya yang religius.

Potensi-potensi inilah yang bisa jadi argumentasi kuat untuk kita usulkan ke Kemenag untuk Kota Bogor dijadikan pilot project terutama pembenahan dari basic,” kata Diah, seperti dikutip dari DPR.go.id, Kamis (25/11).

Dengan adanya revitalisasi KUA diharapkan menjadi salah satu ruang bagi peningkatan moderasi umat beragama. Dalam revitalisasi KUA, wajib adanya perluasan pengembangan fungsi KUA yang tidak hanya sekedar untuk urusan pernikahan namun juga pelayanan untuk kehidupan umat beragama secara luas.

Terkait hal itu, sambung Diah, perlu adanya dukungan digitalisasi yang memang belakangan sering disosialisasikan oleh Menteri Agama.

“Transformasi digitalisasi sangat dibutuhkan KUA. Seperti diketahui berbagai arsip pernikahan dari tahun 1950 yang ada di KUA sangatlah rentan. Seperti, jika suatu saat kantor tergusur atau banjir bisa diantisipasi karena surat nikah sangatlah penting berhubungan dengan hak waris. Hal-hal inilah yang menurut saya sangat urgent dibenahi Kemenag,” pungkasnya.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029

Berita Terbaru

Per Maret 2024, Pemerintah Sudah Gelontorkan Rp43,3 Triliun untuk Bansos

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tercatat per 31 Maret 2024 telah merealisasikan belanja negara untuk kebutuhan bantuan sosial (bansos) sebesar Rp43,3 triliun.

TERPOPULER

Rekomendasi :

Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut

Bencana longsor melanda wilayah Desa Talagajaya Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut hingga menimbulkan korban jiwa.

Pakai Makeup Setiap Hari Tidak Rusak Kulit, Asalkan….

Penggunaan makeup setiap hari telah menjadi rutinitas kecantikan bagi banyak orang. Tak hanya untuk kecantikan atau kepuasan pribadi saat sedang beraktivitas di luar rumah, banyak orang yang menggunakan makeup karena tuntutan pekerjaan.

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek, Jumat 26 April 

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 26 April  2024.

Lokasi SIM Keliling di Jakarta, Jumat 26 April

Jadwal dan lokasi layanan SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 26 April 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00.

Banjir Bandang di Pohuwato Perlahan Mulai Surut

Bencana banjir bandang yang melanda enam desa di Kecamatan Taluditi, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo saat ini mulai surut.