Warga Kabupaten Malang Ikut Meninggal Dunia Terseret Banjir Bandang

Lainnya :

JATIM, HOLOPIS.COM – Bencana banjir bandang yang juga menerjang Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Kamis kemarin menyebabkan dua warga meninggal dunia.

“Banjir bandang tersebut telah menyebabkan dua warga meninggal dunia dan saat ini masih dalam tahap identifikasi, ” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Jumat (5/11).

Banjir bandang yang disebabkan oleh tingginya intensitas hujan, dijelaskan oleh Abdul, diperparah oleh sejumlah faktor lainnya, termasuk tumpukan sampah di wilayah tersebut.

“Selain dipicu oleh faktor cuaca, banjir bandang tersebut juga diduga terjadi karena adanya penyumbatan berupa material sampah kayu dan tumpukan bambu di hulu Sungai Susuh hingga setinggi kurang lebih 20 meter,” ungkap Abdul.

Abdul juga menjelaskan, banjir bandang telah berdampak di empat desa yang masuk dalam tiga wilayah kecamatan. Desa tersebut yakni Desa Tegalgondo di Kecamatan Karangploso, Desa Sidomulyo di Kecamatan Batu, Desa Tawangargo dan Desa Giripurno di Kecamatan Bumiaji.

Selain korban jiwa, sejumlah kerusakan bangunan akibat banjir bandang membuat aktifitas warga dan petugas yang melakukan bantuan terganggu.

“Satu unit jembatan dilaporkan mengalami rusak berat dan akses jalan terganggu genangan lumpur yang terbawa oleh banjir bandang, ” tambahnya.

Banjir Bandang Kabupaten Malang
Material lumpur dan sampah yang terbawa banjir bandang di jalan raya Giripuro, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (5/11). Gambar: Ist.

Sejumlah alat berat pun telah dikerahkan ke lokasi untuk membantu melakukan proses evakuasi dan pembersihan sisa material banjir bandang di pemukiman warga.

“Tim juga bergotong-royong melakukan pembersihan material lumpur yang menutupi jalan di Desa Sidomulyo dan jalan bukit berbunga wilayah Kota Batu menggunakan alat berat,” pungkasnya.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029

Berita Terbaru

Indonesia Dapat Dukungan UEA Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Uni Emirat Arab (UEA) mendukung Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2027 mendatang. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan UEA Dr. Ahmad Belhoul Al Falasi dalam pertemuannya dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo.

TERPOPULER

Rekomendasi :

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek, Jumat 26 April 

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 26 April  2024.

Lokasi SIM Keliling di Jakarta, Jumat 26 April

Jadwal dan lokasi layanan SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 26 April 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00.

Banjir Bandang di Pohuwato Perlahan Mulai Surut

Bencana banjir bandang yang melanda enam desa di Kecamatan Taluditi, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo saat ini mulai surut.

Sejumlah Wilayah di Kabupaten Sitaro Masih Ditutup Pasca Erupsi Gunung Ruang

Sejumlah wilayah yang berada di sekitar Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara sampai dengan saat ini dianggap masih berbahaya.

Ratusan Rumah di Kabupaten Luwu Terendam Banjir

Bencana Banjir melanda Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan semenjak beberapa waktu yang lalu.