JAKARTA, HOLOPIS.COM – Praktisi hukum, Habib Husin Alwi Shihab menyampaikan apresiasinya kepada Prabowo Subianto dalam orasi ilmiahnya di Universitas Pancasila.

Pasalnya, di dalam orasinya itu, Prabowo mengingatkan kepada para wisudawan agar menjaga Pancasila sebagai landasan berbangsa dan bernegara.

“Pak Prabowo hari ini jadi kebanggaan saya. Mengajak semua wisudawan kampus Universitas Pancasila dan masyarakat untuk teguh menjaga Pancasila,” kata Husin, Rabu (8/6).

Ia menilai bahwa sosok Prabowo Subianto adalah seorang purnawirawan sejati dan tokoh bangsa yang sangat patut untuk dibanggakan.

“Negarawan sejati, nasionalis,” ujarnya.

Di dalam orasi ilmiahnya di hadapan para wisudawan semester gasal tahun akademik 2021/2022 Universitas Pancasila, Prabowo Subianto mengingatkan kepada mereka agar menjaga betul Pancasila.

“Pancasila adalah falsafah dasar negara. Ini jangan kita anggap enteng, menurut pendapat saya, pendapat para ahli. Begitu kita tinggalkan Pancasila, saya kira negara ini akan bubar, itu pendapat saya,” kata Prabowo Subianto, Selasa (7/6).

Dijelaskan oleh Prabowo Subianto, bahwa hanya dengan Pancasila, seluruh perbedaan yang ada di Indonesia baik suku, ras, agama maupun golongan bisa menjadi satu padu.

“Jadi jangan anggap ini sesuatu yang biasa. Dan harus diyakini bahwa dengan Pancasila, ratusan suku bangsa ini berbeda-beda, ras yang berbeda-beda, agama yang berbeda-beda, bahasa daerah, adat istiadat yang berbeda-beda, kita bisa berhimpun dalam satu negara yang demikian besar, demikian kaya dan demikian punya harapan untuk ke depan,” pungkasnya.