PURWAKARTA, HOLOPIS.COM Banjir yang disebabkan luapan aliran Sungai Cikao merendam tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, luapan air sungai tersebut dipicu oleh tingginya curah air hujan sejak Rabu (4/5).

“Tiga kecamatan terdampak peristiwa tersebut meliputi Kecamatan Babakan Cikao (Desa Kadu Mekar), Kecamatan Pondoksalam (Desa Sukajadi) dan Kecamatan Wanayasa (Desa Wanayasa),” kata Abdul, Jumat (6/5).

Abdul mengatakan, banjir menyebabkan sebanyak 12 kepala keluarga terjebak sehingga harus dievakuasi petugas hingga kemudian mengungsi ke kediaman kerabat terdekat dan di Aula Kecamatan Babakan Cikao.

“Banjir juga mengakibatkan sebanyak tujuh unit rumah terdampak dan akses jalan pemukiman warga mengalami kerusakan,” ungkapnya.

BPBD bersama aparat desa, Babinsa dan tim PLN melakukan kaji cepat ke lokasi terdampak termasuk pada akses jalan pemukiman warga yang mengalami kerusakan untuk segera dilakukan penanganan darurat sehingga jalan tersebut dapat berfungsi kembali sebagai akses mobilitas warga setempat.

Abdul menambahkan, kondisi terkini di lokasi banjir sudah mulai surut. Namun, Abdul tetap mengingatkan terjadinya potensi banjir susulan melihat prakiraan cuaca yang masih akan turun hujan di lokasi tersebut.