Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizDuh! Pandemi Belum Kelar, Sri Mulyani Bilang Ada Ancaman Baru

Duh! Pandemi Belum Kelar, Sri Mulyani Bilang Ada Ancaman Baru

JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, bahwa saat ini muncul tantangan dan ancaman baru yang harus dihadapi masyarakat selain Pandemi Covid-19. Ancaman tersebut yakni kenaikan harga barang-barang atau inflasi.

“Kalau dulu ancaman dan tantangan untuk masyarakat adalah pandemi, sekarang tantangan dan ancaman adalah kenaikan harga dari barang-barang,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers, Selasa (5/4).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, kenaikan harga barang-barang yang disebabkan oleh kondisi geopolitik dunia itu seperti pisau bermata dua bagi pemerintah.

Di mana pada satu sisi membawa dampak positif bagi penerimaan negara. Salah satunya yakni penerimaan dari hasil perdagangan berbagai komoditas andalan Indonesia.

“Entah itu dari komoditas minyak, gas, batu bara, nikel, ataupun CPO. Itu berikan daya tambah dari sisi penerimaan negara,” ungkapnya.

Namun, di sisi lainnya masyarakat juga akan merasakan rambatan dari inflasi global tersebut terhadap kenaikan harga-harga komoditas barang hariannya.

“Inilah yang perlu untuk diputuskan langkah-langkah kebijakannya,” katanya.

Sri Mulyani mengungkapkan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada pihaknya, agar bisa mengalokasikan kelebihan dari penerimaan negara untuk mendukung kebutuhan masyarakat.

“Dari sisi APBN, kita akan dukung langkah-langkah mengamankan masyarakat kita, utamanya yang mengalami tekanan dari dampak global yang memang dirasakan seluruh dunia,” papar Sri Mulyani.

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengatakan, bahwa Presiden Jokowi ingin menjaga daya beli masyarakat, momentum keuntungan ekonomi, dan juga menjaga kesehatan APBN, tanpa harus mengorbankankan salah satu.

“Pak presiden minta kita lihat detil harga pangan dan energi kemudian mencari pilihan kebijakan yang kita ambil untuk bisa di satu sisi menjaga daya beli masyarakat, menjaga momentum ekonomi, dan juga menjaga kesehatan APBN,” pungkas Sri Mulyani.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.