Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

WHO: 87 Persen Vaksin Diterima Negara Kaya

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Penyebaran vaksin Covid-19 menjadi perhatian serius organisasi kesehatan dunia (WHO). Namun sayang menurut WHO sejauh ini, 87 persen distribusi vaksin Covid-19 dikuasai negara-negara kaya.
Diperkirakan sekitar 700 juta vaksin telah didistribusikan ke seluruh dunia. Hanya saja, negara-negara dengan pendapatan domestik bruto (PDB) tinggi-menengah menguasai daftar penerimaan vaksin tersebut.
“Lebih dari 87 persen vaksin telah diberikan ke negara-negara berpenghasilan tinggi atau atas dan menengah, sedangkan negara-negara berpenghasilan rendah hanya menerima 0,2%,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, Sabtu (10/4).
Dengan kenyataan tersebut, diperkirakan satu dari empat orang di negara menengah hingga kaya telah mendapat vaksin. Ini kontradiktif: hanya satu dari 500 orang di negara miskin yang telah menjalani vaksinasi Covid-19.
Tedros menambahkan, COVAX (Covid-19 Vaccines Global Access) yakni sebuah aliansi yang mengkampanyekan kesetaraanakses vaksin Covid-19 secara global, sedang kekurangan dosis.
Kini sedang berkembang keinginan dari sejumlah perusahaan di negara-negara besar untuk melakukan donasi vaksin secara bilateral. Donasi ini disinyalir ada udang di balik batu atau ada niat terselubung, karena sejatinya COVAX bisa menjadi perantara.
Tedros mengatakan, saat ini mitra COVAX- termasuk WHO, Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi, dan Gavi, Aliansi Vaksin – sedang menjalankan sejumlah strategi untuk mengejar kesetaraan vaksin sekaligus mempercepat produksi dan pasokan vaksin.
Aliansi ini terus mencari sumbangan dari negara-negara dengan kelebihan pasokan vaksin. Ini dilakukan untuk mengurai benang kusut pandemi virus flu jenis baru yang telah menewaskan hampir tiga juta orang di seluruh dunia. (MIB)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru