Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hanya Persoalan Ijtihad, Gus Taj Yasin Harap Perbedaan Jadwal Imsakiyah Tak Disoal

HOLOPIS.COM – Penetapan jadwal imsakiyah puasa Ramadan tahun ini terdapat perbedaan antara Muhammadiyah dan pemerintah. Muhammadiyah menetapkan imsak hari pertama puasa pada pukul 04.22 WIB, sedangkan Kemenag pada pukul 04.14 WIB.
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menyampaikan, perbedaan waktu ini tidak perlu dikhawatirkan. Pernyataan tersebut disampaikan usai memimpin Rapat Penetapan Imsakiyah Ramadan bersama Kemenag Jateng, MUI Jateng, PW NU, dan Muhammadiyah di Kantor Gubernur, Kamis (8/4/2021).
“Karena ini ranah ijtihad, waktu ini memang ada perbedaan. Kalau kita melihat kondisi saat ini, tidak ada daerah yang tidak ada penerangan, sehingga itu mengganggu falakiyah untuk menghitung apakah sudah muncul fajar sodiq atau belum. Ini kan kesulitan. Sehingga, Muhammadiyah melihatnya di minus 18 derajat, sementara kita masih menetapkan di minus 20 derajat,” terangnya.
Taj Yasin Gus menekankan, perbedaan ini harus disikapi dengan saling menghormati. Jangan sampai terjadi saling menyalahkan.
“Saya mengimbau kepada masyarakat, kalau memang sudah mengikuti (salah satu) waktu (imsakiyah), misalnya Muhammadiyah, ya jangan memengaruhi kawan-kawan yang mengikuti (imsakiyah) selain Muhammadiyah. Jadi ini ranahnya ijtihad,” tuturnya.
Lebih lanjut ia mengatakan, dalam literasi fikih dijelaskan bahwa orang yang mujtahid itu tidak boleh memengaruhi ijtihad orang lain. Ini seperti yang disampaikan oleh Imam Syafi’i
“Ijtihad saya, pendapat saya benar, tapi ada kemungkinan salah dan pendapat orang lain salah, tetapi ada kemungkinan benar. Itu kita diajarkan untuk saling toleransi,” tutupnya. (MIB)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru