JAKARTA, HOLOPIS.COM Satgas Penanganan Covid-19 menambah pengawasan di titik ‘blind spot’ atau yang tak terlihat. Upaya ini dilakukan, guna mengantisipasi permainan mafia karantina di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

“Saat ini berbagai temuan kecurangan oleh beberapa oknum di lapangan sedang di tindaklanjuti oleh Polri dan ditambah pengawasan di titik titik tersebut,” ujar Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam siaran pers yang dikutip, Sabtu (5/2).

Bandara Soetta
Ilustrasi kedatangan PPLN di Bandara Soetta

Wiku mengatakan, pihaknya bersama pihak terkait juga tengah melakukan evaluasi sistem monitoring terkait proses kedatangan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) di Bandara Soetta. Ia menegaskan, evaluasi tersebut untuk mencapai sistem monitorting yang berkelanjutan.

“Satgas pun bersama berbagai otoritas yang menangani proses kedatangan pelaku perjalanan sampai dengan proses karantina telah melakukan evaluasi bersama terkait sistem monitoring secara berkelanjutan,” tuturnya.

Sebelumnya, Kasus permainan karantina dilakukan oleh selebgram Rachel Vennya dan kekasihnya Salim Nauderer. Pelanggaran yang dilakukan pasangan tersebut sempat menjadi sorotan publik. Pasalnya, Rachel dan Salim diduga kabur dari Wisma Atlet Pademangan, tempat mereka menjalani karantina Covid-19 setelah pulang dari Amerika Serikat pada 2021 lalu.