JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan Tol Binjai-Langsa Seksi I Binjai-Stabat di Sumatera Utara, Jumat (4/2).

Jokowi menyebut jalan tol tersebut siap dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran konektivitas.

“Alhamdulillah, hari ini ruas jalan tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat sepanjang 11,8 kilometer, Alhamdulillah telah siap dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran konektivitas,” kata Jokowi.

Ruas jalan tol Binjai-Stabat merupakan bagian dari jalan tol Binjai-Langsa sepanjang 131 kilometer.

Jokowi menyampaikan jalan tol ini akan menghubungkan Sumatera Utara dengan Aceh apabila pembangunannya sudah rampung.

“Juga menjadi bagian dari jalan tol Trans Sumatera yang akan menyambung dari Lampung sampai ke Aceh,” ujarnya.

Menurut dia, jalan nasional yang terkoneksi dan tersambung antar provinsi akan menghubungkan sentra-sentra produksi. Sehingga, akan membuka peluang usaha baru, khususnya di daerah-daerah sekitar jalan tol.

Jokowi mengatakan dirinya baru saja mengunjungi sentra produksi jeruk di Kabupaten Karo pada Jumat pagi hari ini. Dia pun meyakini harga jeruk yang ada di Kabupaten Karo mampu kompetitif apabila memiliki kecepatan konektivitas antar kabupaten dan antar provinsi.

“Kalau jalan tol ini dihubungkan dengan sentra-sentra produksi seperti itu, dihubungkan dengan kawasan pariwisata, dihubungkan kawasan pertanian, dihubungkan dengan kawasan perkebunan, dan jalannya semulus ini, struktur biaya dalam harga di komoditas itu seperti contoh tadi jeruk,” jelasnya.

“Jalan desanya kita perbaiki untuk menuju jalan utama ke sini, jeruknya harga jeruknya akan sangat kompetitif. Saya berani menjamin tidak akan kalah harganya dibandingkan harga-harga impor,” sambung Jokowi.