JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pada tahun 2021 sejumlah turnamen olahraga mulai diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19. Event olehraga yang paling bergengsi di tahun 2021 adalah penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020.

Indonesia turut menyeramakkan Olimpiade Tokyo 2020 dengan mengirimkan sejumlah atlet terbaik. Mulai dari cabang panahan, angkat besi hingga bulutangkis.

Atlet Indonesia sukses meraih lima medali dan satu diantaranya medali emas yang disumbangkan oleh pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Berikut ini Holopis sudah merangkum peristiwa olahraga yang menyita perhatian di tahun 2021.

1. Emas Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Pasangan ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 setelah mengalahkan wakil China unggulan kedua Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8).

Medali emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 dan juga menjadi medali emas pertama dari sektor ganda putri sepanjang pagelaran Olimpiade.

Bagi Greysia, raihan ini adalah jawaban dari mimpinya selama ini. Greysia yang ingin membuat sejarah di sektor ganda putri akhirnya mewujudkan mimpi tersebut di kali ketiga keikutsertaannya di Olimpiade.

“20 tahun yang lalu ketika saya berusia 13 tahun, saya tahu Indonesia belum membuat sejarah di ganda putri dan saya bersabar. Saya tahu saya dilahirkan untuk menjadi pemain bulutangkis dan saya memiliki keyakinan pada bahwa saya ingin membuat sejarah di bidang ini,” ungkap Greysia.

Senada dengan Greys, Apriyani juga tidak percaya dengan apa yang telah ia raih.

“Saya tidak percaya ini yang telah saya raih. Saya benar-benar tidak menyangka akan sampai sejauh ini karena yang saya pikirkan hanyalah bagaimana melewati semua tantangan yang saya hadapi. Bagaimana saya bisa membalikkan keadaan dan bangkit kembali?” ujar Apri.

“Dan saya benar-benar memaksakan diri untuk datang sejauh ini dan melakukan yang terbaik yang saya bisa. Saya benar-benar ingin berterima kasih kepada Tuhan dan Kak Ge (Greysia). Juga terima kasih berkat doa dari keluarga dan seluruh masyarakat Indonesia kamj bisa meraih medali emas. Saya sangat senang dan bahagia,” ucap Apri.

2. PON Papua

Papua sukses menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON XX) dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas XVI).

Pagelaran olahraga di Papua tersebut bukan hanya sekedar menghadirkan olahraga semata. Akan tetapi ada nilai lebih daripada itu.

Sementara itu, secara nasional ada prestasi yang terukir PON 2021 ini dimana ada 90 rekor yang dicatatkan dalam ajang olahraga ini meskipun dilakukan di tengah pandemi COVID-19.

3. Indonesia Juara Thomas Cup

Tim Thomas Cup Indonesia berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan China 3-0. Jonatan Christie Cs berhak mendapatkan medali emas dari turnamen beregu pria paling bergengsi di dunia tersebut.

Sejak awal pertandingan Tim Thomas Cup Indonesia sudah tampil meyakinkan dengan merebut laga pertama lewat kemenangan yang disumbangkan Anthony Sinisuka Ginting. Ginting menang lewat drama tiga game.

Lalu dominasi Indonesia berlanjut lewat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Fajar/Rian pun berhasil menang dan membuat skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Indonesia.

Lalu di pertandingan ketiga giliran Jonatan Christie yang memberikan kemenangan dan memastikan gelar Thomas Cup 2020 direngkuh Indonesia. Pria yang karib disapa Jojo itu pun menang lewat tiga game.

Usai Jojo memastikan kemenangan, seluruh pemain Tim Thomas Cup Indonesia sontak berlari menuju lapangan pertandingan. Mereka merayakan kemenangan Jojo sekaligus pertandingan penentu gelar bagi Indonesia.

Selamat Tim Thomas Cup Indonesia!

4. Sanksi WADA

Indonesia mendapat sanksi dari Badan Antidoping Dunia (WADA) karena dianggap tak mematuhi prosedur anti-doping, yakni test doping plan (TDP).

Imbasnya, Indonesia tidak diperbolehkan mengibarkan bendera Merah Putih di single event dan multi-event internasional. Selain itu, Indonesia tidak diizinkan terpilih menjadi tuan rumah olahraga tingkat regional, kontinental, hingga dunia selama satu tahun sejak berlakunya sanksi.

Salah satu bentuk sanksi WADA, yakni larangan mengibarkan bendera Merah Putih, langsung dirasakan tim Indonesia yang berjuang di Piala Thomas 2020.

5. Timnas Tembus Final Piala AFF

Prestasi Indonesia lainnya yang perlu diapresiasi adalah keberhasilan Timnas mencapai partai puncak Piala AFF 2020. Ini merupakan final keenam Timnas Indonesia di ajang Piala AFF.

Meski bermaterikan pemain muda, anak asuh Shin Tae-yong sukses menyingkirkan tim seperti Vietnam, Malaysia hingga Singapura. Mereka pun tak terkalahkan di fase penyisihan grup.

Di final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia bertemu dengan Thailand. Hingga berita ini ditulis Timnas Indonesia masih berjuang di babak final Piala AFF 2020.