JAKARTA, HOLOPIS.COM – Secara perlahan pengguna windows mulai diarahkan, untuk tidak memilih Google Chrome sebagai browser bawaan atau default. Sebagai gantinya, Microsoft meminta pengguna Google Chrome untuk pakai Microsoft Edge.

Permintaan tersebut muncul, untuk pengguna Windows 10 dan Windows 11. Seperti diberitakan The Verge (5/12) menyebutkan, pesan tersebut ditampilkan ketika pengguna membuka laman untuk mengunduh Chrome dari Edge.

Pesan Microsoft tersebut yakni :

1. Microsoft Edge runs on the same technology as Chrome, with the added trust of Microsoft.
2. That browser is so 2008! Do you know what’s new? Microsoft Edge.
3. “I hate saving money,” said no one ever. Microsoft Edge is the best browser for online shopping.

Pesan tersebut muncul bukan sebagai sebuah iklan yang berbentuk pop up, tetapi langsung berasal dari Edge di pojok kanan atas. Tampil an pesan ini, hanya tampil ketika pengguna mau mengunduh Google Chrome.

Apa yang dilakukan Microsoft ini, sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu. Awalnya diuji coba kepada beberapa pengguna Windows 10 untuk tidak memasang Chrome atau Firefox sebagai browser lain.

Sayangnya, uji coba tersebut tidak pernah dihadirkan secara luas untuk semua pengguna Windows.

Sebelumnya, pengguna Windows 11 pernah dipersulit saat ingin mengubah browser bawaannya dari Edge ke browser lain. Mereka juga dipaksa untuk memakai Edge dalam pembaruan Windows.