HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bertepatan dengan HUT KAI ke-79, PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) meresmikan fasilitas Rail Kids Daycare yang bertempat di KAIFetaria lantai dasar Kantor Pusat KAI, Jl. Perintis Kemerdekaan No. 1 Bandung. Proses peresmian ini dilakukan langsung okeh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo. 

Vice President Public Relations KAI Anne Purba msngatakan peresmian Rail Kids Daycare ini sebagai bentuk komitmen KAI dalam memahami pentingnya employee well-being atau kesejahteraan pegawai. Ini sekaligus menjadi fondasi utama untuk mencapai pertumbuhan kinerja yang berkelanjutan. Definisi kesejahteraan pegawai tidak lagi terbatas pada aspek fisik semata, melainkan juga mencakup dimensi mental dan sosial. 

“Memahami peran krusial employee well-being tersebut, KAI menghadirkan beberapa program inisiatif yang dirancang untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat, mendukung perkembangan pegawai, dan mengoptimalkan produktivitas,” terang Anne di Jakarta, Sabtu (28/9). 

Anne menambahkan, fasilitas daycare KAI ini memiliki kapasitas untuk 15 anak dengan rentang usia 3 bulan–3 tahun. KAI menggandeng Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA) yang berpengalaman dalam mengelola pendidikan anak usia dini, sebagai mitra pengelola.

“Fasilitas ini mengacu pada standar Tata Kelola, Aspek Pendidikan, Rasio Tenaga Pengasuh, dan Aktivitas Anak (TARA) yang mencakup Kepala Daycare, Teacher, dan Co-Teacher, serta diperuntukkan bagi Ibu-Ibu pegawai yang bertugas di Daerah Operasi 2 Bandung dan Kantor Pusat KAI,” tambah Anne.

Lebih lanjut, Anne menjelaskan bahwa Rail Kids Daycare memiliki sejumlah kelebihan seperti jarak yang dekat dan mudah dijangkau oleh orang tua, program pengasuhan yang sesuai dengan usia tumbuh kembang anak, rasio tenaga pengasuh dan anak yang memenuhi standar, evaluasi rutin perkembangan dan kesehatan anak oleh dokter perusahaan, serta ruang yang dilengkapi CCTV yang dapat diakses oleh orang tua. Anak-anak juga mendapatkan makan siang dan kudapan bergizi serta fasilitas ini jauh lebih terjangkau karena disubsidi oleh perusahaan.

Program daycare ini memberikan fasilitas penitipan anak selama jam kerja, memastikan para orang tua dapat bekerja dengan fokus dan tenang. Program ini merupakan inisiatif dari Menteri BUMN sebagai bagian dari komitmen menciptakan lingkungan kerja yang produktif sekaligus peduli terhadap kesejahteraan mental, sosial, dan finansial karyawan. Kami berharap program-program ini dapat mendorong terciptanya lingkungan kerja yang harmonis di KAI.