HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas U-20 Indonesia berhasil mengandaskan perlawanan Timor Leste pada laga kedua Grup F Kualifikasi PIala Asia U-20 2024, dengan skor 3-1.

Pertandingan antara Timnas U-20 Indonesia vs Timor Leste tersebut digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9).

Dalam pertandingannya, Timor Leste secara mengejutkan tampil terbuka menghadapi Timnas U-20 Indonesia. Mereka pun mampu menciptakan sejumlah peluang, tetapi kerap berujung buntu.

Permainan terbuka itu justru menjadi keuntungan bagi Timnas U-20 Indonesia. Hasilnya, skuad Garuda Muda mampu memecah kebuntuan di menit 12 melalui Jens Raven.

Bermula dari umpan silang di sisi kanan, kemudian bola ditembak saja oleh Jens Raven. Bola sempat ditangkis kiper Timor Leste, namun bola rebound berhasil dituntaskan Raven menjadi gol. Skuad Garuda Muda unggul 1-0.

Tak sampai situ, tiga menit kemudian Timnas U-20 Indonesia mampu menggandakan skor lewat Afrisal usai memanfaatkan umpan silang Toni.

Kemudian di menit 17 ada peluang lagi dari Jens Raven melalui skema serangan balik cepat. Raven melakukan penetrasi dan berkelok dari kiri ke tengah dan tembakan pun dilepas, tetapi masih terlalu lemah dan bisa diamankan kiper Timor Leste.

Raven juga nyaris bikin gol di menit 26, namun tembakan akrobatik hasil umpan Buffon masih berujung buntu.

Timor Leste bukan tanpa ancaman, mereka sempat mengejutkan dan nyaris bikin gol, dimana Figo sudah satu lawan satu dengan kiper Indonesia, namun gol urung terjadi.

Ada juga tembakan dari Buffon di menit 36, namun sepakan kerasnya itu masih berujung buntu. Semenit kemudian giliran Toni yang melepaskan tembakan, namun masih melambung.

Babak pertama pun ditutup dengan skor 2-0 untuk Indonesia.

Di babak kedua, Indonesia kembali memegang kendali permainan. Sejumlah peluang berhasil diciptakan, namun gol urung terjadi.

Meski mendominasi permainan, Indonesia sempat dikejutkan dengan peluang emas Timor Leste di menit 54. Luis Figo yang sudah satu lawan satu dengan kiper Indonesia, namun gagal diciptakan menjadi gol.

Ada percobaan juga dari Jens Raven di menit 57, tembakannya masih bisa diamankan kiper Timor Leste.

Timor Leste lantas benar-benar mencetak gol di menit 65 berkat torehan pemainnya, yakni Figo.

Gol tambahan dari Indonesia pun akhirnya lahir di menit 77., bermula dari umpan Dony Tri yang lolos dari penjagaan, kemudian umpan silang dikirimkan dan disontek saja oleh Ragil. Skor 3-1 untuk Timnas U-20 Indonesia

Menjelang jeda, Indonesia nyaris bikin gol lagi melalui tendangan sudut. Dony Tri umpan manja hingga disundul oleh Maori, namun tandukannya belum menciptakan gol.

Hingga peluit panjang dibunyikan, kedudukan skor tetap bertahan 3-1 untuk Indonesia.

Hasil kemenangan ini pun membuat Indonesia duduk di puncak klasemen sementara Grup F dengan enam poin. Diikuti oleh Yaman dengan poin sama, namun Merah Putih unggul selisih gol.