HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah (KPU Jateng) bakal menggelar pengundian nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Jateng di Kantor KPU Jateng pada hari ini, Senin (23/9) sekitar pukul 19.00 WIB malam.

Pengundian nomor urut tersebut bakal dihadiri oleh dua pasangan Cagub dan Cawagub yang bakal bertarung di Pilgub Jateng 2024, yakni Andika Perkasa-Hendrar Prihadi dan Ahmad Luthfi-Taj Yasin.

Kadiv Teknis Pemilu KPU Jateng, Muhammad Machruz menyampaikan bahwa pengundian nomor urut ini dilakukan secara terbuka. Namun KPU Jateng membatasi pendukung dan perwakilan parpol sebanyak 75 orang dari masing-masing pasangan.

“Karena kapasitas ruangan terbatas jadi dilakukan pembatasan untuk perwakilan parpol dan para pendukung,” kata Machruz dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (23/9).

Kendati demikian, KPU Jateng memastikan proses pengundian nomor urut ini tetap bisa disaksikan oleh para pendukung dan masyarakat yang tidak bisa masuk ke ruangan, lantaran KPU telah akan menyiapkan dua monitor besar di luar kantor KPU Jateng.

Selain itu, KPU Jateng juga bakal menutup jalan di sepan Kantor KPU guna pada malam pengundian nomor urut nanti.

“Nantinya, Jalan Veteran di depan Kantor KPU akan ditutup dan dikhususkan untuk parkir pendukung, perwakilan parpol, dan masyarakat yang menyaksikan prosesi pengundian nomor urut,” ujarnya.

Machruz mengatakan, bahwa pihaknya terkait dengan penutupan jalan ini telah berkoordinasi dengan Dishub dan Kepolisian setempat. Dari koordinasi tersebut, lajutnya, lokasi parkir pendukung dua paslon akan dibedakan di kiri atau kanan Jalan Veteran.

“Karena Jalan Veteran tidak terlalu lebar dan acara digelar malam hari jadi kami imbau para pendukung tidak menggunakan kendaraan besar dan bisa tertib,” pungkasnya.

Adapun sebelumnya, KPU Jateng telah menetapkan resmi menetapkan bakal pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng, yakni Andika Perkasa-Hendrar Prihadi dan Ahmad Luthfi-Taj Yasin sebagai paslon di Pilgub Jateng 2024.

Ketua KPU Jateng, Handi Tri Ujiono, mengatakan berkas administrasi paslon usungan PDIP, Andika-Hendi maupun usungan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Luthfi-Yasin, telah memenuhi syarat, tanpa adanya tanggapan dan masukan dari masyarakat.

Sekadar untuk diketahui, Andika-Hendi merupakan paslon yang diusung oleh partai tunggal, yakni PDI Perjuangan (PDIP).

Sementara Luthfi-Yasin paslon usungan gabungan partai politik dari Golkar, Gerindra, PKS, PKB, NasDem, PAN, PPP, Demokrat, PSI, Partai Buruh, Partai Bulan Binyang, dan Partai Garuda.