Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COMAngka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di Afrika meningkat 177 persen dalam setahun. CDC Afrika menyatakan kecenderungan peningkatan ini mengkhawatirkan dan menjadi tak terkendali di seluruh benua.

“Kami bisa mengatakan sekarang bahwa Mpox tidak terkendali di Afrika,” kata Direktur Jenderal Africa CDC Jean Kaseya dalam konferensi pers daring, Kamis (19/9) seperti dikutip Holopis.com.

Jumlah kematian meningkat 38,5 persen di 15 negara Afrika jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Dalam sepekan terakhir, tercatat 2.912 kasus baru dan 14 kematian. Akibatnya, CDC Afrika kembali menekankan perlunya memperkuat langkah-langkah pengawasan untuk menahan penyebaran penyakit Mpox.

Afrika telah mencatat lebih dari 29 ribu kasus dan 738 kematian tahun ini. Kaseya menyoroti tantangan kurangnya kapasitas pengujian dan laboratorium. Ia mengungkapkan harapan bahwa Afrika akan menerima 10 juta dosis vaksin dari mitra untuk menghentikan penyebaran.

“Mari kita bicarakan vaksinasi. Kami memiliki cerita sukses, kami mulai (vaksinasi) di Rwanda dengan 500 orang yang divaksinasi,” ucapnya.

CDC Afrika mencatat Rwanda menerima 1.000 dosis vaksin dari Nigeria berdasarkan kesepakatan bilateral dari alokasi 10.000 dosis yang diterima dari Amerika Serikat. Vaksinasi itu diluncurkan pada Selasa (17/9), menargetkan tujuh distrik yang berbatasan dengan Kongo dengan populasi yang berisiko tinggi terkena Mpox.

Kongo sebagai negara yang paling terkena dampak di wilayah tersebut akan memulai vaksinasi pada minggu pertama Oktober.

Hingga saat ini, Kongo telah menerima 200 ribu vaksin Mpox dari donor, termasuk dari Otoritas Kesiapsiagaan dan Respons Kesehatan Komisi Eropa. Jumlah tersebut masih jauh dari 3 juta dosis yang dibutuhkan untuk mengakhiri wabah.

Pada 12 September, Maroko menjadi negara terbaru yang melaporkan wabah Mpox.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru